Daerah Kamis, 21 Juli 2022 | 22:07

DPRD Kabupaten Cirebon Belajar Pengelolaan Sampah ke Pemkot

Lihat Foto DPRD Kabupaten Cirebon Belajar Pengelolaan Sampah ke Pemkot Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati saat menerima kunjungan anggota DPRD Kabupaten Cirebon. (Foto: Opsi/Charles)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon menerima kunjungan kerja Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon, Kamis 21 Juli 2022, di aula kantor Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Kunjungan kerja tersebut untuk berdiskusi terkait pengelolaan sampah yang sudah dilakukan oleh Pemda Kota Cirebon, khususnya di Kelurahan Kesenden.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati yang hadir menerima kunjungan tersebut mengatakan, bahwa persoalan penanganan sampah menjadi persoalan di banyak daerah. Termasuk di Kota Cirebon.

“Pengelolaan sampah di Kota Cirebon juga masih berusaha untuk terus lebih baik. Melalui program kerja pemerintah daerah maupun bekerja sama dengan pihak lain,” kata Eti.

Eti menambahkan, Pemkot sangat terbuka untuk bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Cirebon. Terutama persoalan sampah yang ada di perbatasan wilayah.

“Beberapa tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di perbatasan, seperti di Jalan Tuparev dan Jalan Slamet Riyadi. Tidak sedikit sampah yang datang dari luar Kota Cirebon, dalam hal ini warga Kabupaten Cirebon,” tuturnya.

Sementara itu, Lurah Kesenden, Rulianto mengatakan, dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Kesenden melibatkan masyarakat. “Kita juga harus mengubah mindset agar warga bisa memilah sampah, serta bisa mengubah sampah jadi bernilai ekonomis,” kata Ruli.

Di tempat yang sama, pimpinan rombongan Komisi III, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Teguh Rusiana Merdeka mengatakan, persoalan sampah menjadi target utama pada program pemerintah.

“Berdasarkan analisis dan kajian Dinas Lingkungan Hidup, setiap individu masyarakat menghasilkan 0,6 kg per hari,” katanya.

Jika diglobalkan ada 1.200 ton. Sedangkan daya tampung hanya 200 ton,” katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya ingin mengetahui strategi dan inovasi Pemda Kota Cirebon dalam mengelola sampah.

“Di Kota Cirebon ada inovasi dalam pengelolaan sampah jadi bernilai ekonomis. Ini yang kami kejar, bagaimana caranya. Apakah bisa diadopsi untuk di Kabupaten Cirebon,” katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya