Daerah Rabu, 21 Juni 2023 | 20:06

DPT Pemilu 2024 di Siantar Simalungun Ditetapkan

Lihat Foto DPT Pemilu 2024 di Siantar Simalungun Ditetapkan Bawaslu Simalungun saat mengikuti pleno rekapitulasi DPT di Hotel Niagara, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, Rabu, 21 Juni 2023. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

SiantarDaftar pemilih tetap atau DPT untuk Pemilu 2024 di Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, ditetapkan pada Rabu, 21 Juni 2023.

KPU Kota Pematang Siantar melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT di Sapadia Hotel, Pematang Siantar dan KPU Simalungun menggelar rapat pleno di Niagara Hotel, Parapat.

KPU Pematang Siantar menetapkan DPT mencapai 202.206 jiwa.

Komisioner KPU Pematang Siantar, Christian Benny Panjaitan menyampaikan, jumlah pemilih sesuai DP4 dari Kemendagri sebanyak 205 ribu. 

Namun setelah dilakukan pencocokan dan penelitian atau coklit dan perbaikan, maka ditemukan pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 1.024 jiwa.

Beberapa yang tidak memenuhi syarat dimaksud karena beralih status, misal karena jadi anggota TNI-Polri. Bisa juga karena sudah meninggal dunia.

KPU Pematang Siantar juga menetapkan jumlah TPS sebanyak 796 yang tersebar di 8 kecamatan, dan 52 kelurahan.

"Jumlah pemilih potensial non KTP-Elektronik sebesar 2.075 orang. Sedangkan jumlah pemilih baru 397 orang, dan jumlah perbaikan data pemilih 794 orang,” jelasnya.

KPU Simalungun menetapkan DPT sebanyak 743.271 orang, dengan rincian 368.139 laki-laki dan 375.132 perempuan.

Adapun jumlah TPS di Kabupaten Simalungun, sebanyak 3.052 yang tersebar di 413 desa dan 32 kecamatan.

BACA JUGA: 984 Orang Mati di Simalungun Masuk DPS, Jeirry: Dipertanyakan Profesionalitas KPU

Hal ini ditetapkan KPU Simalungun dalam rapat pleno yang dipimpin ketuanya, Raja Ahab Damanik dan anggota Puji Rahmad Harahap, Salmon Abror, Fatima Yanti Sinaga, dan Rahmadhani Sari Isni Damanik.

Secara khusus atas DPT di Kabupaten Simalungun, Bawaslu menyampaikan sejumlah catatan penting dalam rapat pleno tersebut. 

Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi merespons DPT Kabupaten Simalungun ini.

"DPT memiliki kedudukan yang strategis guna memastikan bahwa seluruh masyarakat terdaftar secara baik dan benar," kata dia yang juga hadir dalam rapat pleno KPU setempat.

Wakil Bupati Zonny berpesan kepada semua pihak dapat agar bekerja sama dan memberikan kontribusi positif dalam Pemilu 2024.

"Kepada semua pihak terkait agar dapat bekerja sama dan memberikan kontribusi positif, sehingga kita dapat memastikan bahwa daftar pemilih tetap ini telah akurat, valid dan up to date, agar Pemilu 2024 nantinya dapat terlaksana dengan baik, demokratis, jujur, adil dan terbuka," katanya.

Dia berharap penyelenggara pemilu, pengawas, dan juga pelaksana di pemerintahan dapat saling menjaga integritas sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya