News Selasa, 15 Maret 2022 | 15:03

Dua Kali Diundang Tak Datang, DPR Akan Panggil Paksa Mendag Lutfi

Lihat Foto Dua Kali Diundang Tak Datang, DPR Akan Panggil Paksa Mendag Lutfi Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan institusinya akan memanggil paksa Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi untuk hadir dalam rapat di DPR, guna menjelaskan polemik kelangkaan minyak goreng yang terjadi di masyarakat.

Dasco mencatat, setidaknya DPR RI sudah dua kali memanggil Mendag Lutfi untuk menjelaskan polemik kelangkaan minyak goreng. Namun, yang bersangkutan tidak pernah hadir.

"Apabila dalam undangan ketiga masih ada alasan (untuk tidak hadir) maka DPR akan menggunakan aturan dan kewenangan untuk panggil paksa Mendag di DPR," kata Dasco dalam Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 15 Maret 2022.

Baca jugaSidak Ritel, Mendag: Minyak Goreng Aman Tersedia di Kelapa Gading

Politikus Gerindra ini mengatakan, DPR RI mengalami kesulitan dalam menjalankan fungsi pengawasan terkait kelangkaan minyak goreng di Indonesia.

Dasco memastikan bahwa DPR sudah memanggil Mendag untuk menjelaskan persoalan kelangkaan minyak goreng. Namun, Muhammad Lutfi tidak pernah hadir dengan berbagai alasan.

Baca jugaSidak Pabrik di Marunda, Mendag Klaim Stok Minyak Goreng Melimpah

"Sudah dua kali Mendag diundang dalam rapat konsultasi, keduanya berhalangan dengan alasan belum tentu bisa hadir dan berbagai alasan lainnya," ujarnya.

Maka itu, Dasco menegaskan DPR akan menggunakan aturan dan kewenangannya untuk memanggil paksa Mendag Lutfi ke DPR. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya