Daerah Senin, 07 November 2022 | 21:11

Dua Kali Menang Pilkada Humbahas Diusung PDIP, Dosmar Lompat ke Golkar

Lihat Foto Dua Kali Menang Pilkada Humbahas Diusung PDIP, Dosmar Lompat ke Golkar Dosmar Banjarnahor bersama Presiden Jokowi. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Medan - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor mendadak melompat ke Partai Golkar. Padahal dua periode dia menang Pilkada 2015 dan 2020, diusung PDIP.

Kepindahan Dosmar ke Partai Golkar diamini Ketua DPD I Partai Golkar Sumut Musa Rajeckshah alias Ijeck kepada wartawan di Medan pada Minggu, 6 November 2022.

Disebut awalnya Dosmar menemuinya. Kemudian diarahkan untuk mengisi formulir sebagai anggota partai dan kemudian menuju kantor DPD Partai Golkar Sumut menemui sekretaris partai.

Menurut Ijeck, Dosmar resmi mendaftar ke partainya pada Kamis, 3 November 2022. Statusnya masih sebagai kader biasa, sebelum nanti ditempatkan dalam posisi strategis di partai.

Wakil Ketua DPD PDIP Sumut Sarma Hutajulu dihubungi di Medan lewat pesan WhatsApp mengatakan, Dosmar semula hanya digantikan posisinya sebagai Ketua DPC PDIP Humbahas.

Dosmar dibebastugaskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sesuai SK nomor: 270/KPTS/DPP/IX/2022 tertanggal 26 September 2022. 

Pengganti Dosmar sebagai Ketua DPC PDIP Humbahas adalah Oloan Paniaran Nababan yang merupakan Wakil Bupati Humbahas saat ini.

Sementara kabar Dosmar melompat ke Partai Golkar, diamini Sarma. "Tapi karena dia sudah mendaftar ke Golkar berarti dia sendiri yang mundur. Tapi surat pengunduran dirinya belum ada kami terima," katanya, Senin, 7 November 2022.

Disinggung dimana etikanya Dosmar dua periode bupati dan menang pilkada di Humbahas diusung PDIP lalu lompat ke partai lain saat masih menjabat, Sarma enggan berkomentar lebih jauh.

"Ito (anda) sendirilah yang menilai gimana. Ndang pola hudok. (Gak usah kusebutkan)," katanya. 

Baca juga:

Ketua PDIP Sumut Gak Tahu Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor Pindah ke Golkar

Pada Pilkada 2015, Dosmar berpasangan dengan Saut Parlindungan Simamora. Dalam pilkada yang diikuti lima pasangan calon tersebut, termasuk adanya dua pasangan calon dari Partai Golkar, Dosmar-Saut menang.

Saat itu Dosmar-Saut diusung koalisi parpol PDIP, Gerindra, PAN, Hanura, dan PKB. Dosmar-Saut menjadi Bupati dan Wakil Bupati Humbahas 2016-2021 sejak 17 Februari 2016.  

Kemudian pada Pilkada 2020, Dosmar juga diusung oleh PDIP dimana dirinya merupakan Ketua DPC PDIP Humbahas. 

Pilkada ini, Dosmar menggandeng Oloan P Nababan. Mereka menang melawan kotak kosong. Dosmar-Oloan diusung koalisi PDIP, Gerindra, Golkar, Nasdem, Hanura, dan Demokrat.

Meski melawan kotak kosong, Dosmar-Oloan menang tipis, yakni perolehan 52,4 persen atau mendapatkan 50.879 suara. Sementara kotak kosong 47,6 persen atau 46.213 suara.

Dosmar

Dosmar Banjarnahor merupakan kelahiran Lobutua, Sumatra Utara pada 12 April 1976. 

Sebelum menjabat sebagai bupati, Dosmar memulai kariernya sebagai auditor di Kantor Akuntan Publik Bambang Hadi Tresno pada tahun 1999. 

Pada tahun 2003, Dosmar menduduki jabatan sebagai akuntan dan keuangan di RS St. Borromeus dan pernah menjabat sebagai Direktur Utama di PT Damai Karya Persada. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya