Daerah Senin, 19 Juni 2023 | 14:06

Dua Remaja Tenggelam, Ditemukan di Perairan Sibandang Danau Toba

Lihat Foto Dua Remaja Tenggelam, Ditemukan di Perairan Sibandang Danau Toba Tim SAR melakukan pencairan di perairan Danau Toba. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Medan - Dua orang remaja tenggelam di Danau Toba, persisnya di Desa Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara pada Minggu, 18 Juni 2023.

Kedua korban akhirnya ditemukan Tim SAR Gabungan yang dikoordinir Basarnas Pos SAR Parapat Danau Toba.

Dua korban, yakni Cinta Elizabeth Marbun (16) dan Aloi Syahputra Siagian (17). Keduanya warga Desa Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara.

Kejadian bermula saat kedua korban sedang mandi-mandi di perairan Danau Toba. Sekitar pukul 17:10 WIB, kedua korban melompat dari atas kapal yang sedang berlabuh di tepi danau.

Namun, setelah melompat ke danau, kedua korban tak kunjung muncul ke permukaan. Warga yang mengetahui insiden, berusaha melakukan pencarian. Namun, tak kunjung ditemukan hingga akhirnya dilaporkan ke Pos SAR Parapat Danau Toba.

BACA JUGA: Kenang Tenggelamnya KM Sinar Bangun, Keluarga Korban Tabur Bunga di Danau Toba

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan, setelah pihaknya mendapat informasi pada Minggu malam, tim langsung menuju lokasi melalui jalur air menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat).

Tim membawa peralatan selam, alat pendeteksi sonar di bawah air, dan keselamatan air. Hingga malam hari dilakukan pencarian, kedua korban tidak kunjung ditemukan.

Pencairan dilanjutkan pada Senin, 19 Juni 2023 pagi, menggunakan alat Aqua Eye yang berfungsi mendeteksi keberadaan korban di bawah air melalui sonar.

Setelah lokasi ditemukan, tim penyelam melakukan penyelaman dan sekitar pukul 08:52 WIB korban akhirnya ditemukan pada kedalaman sekitar 11 meter dalam keadaan meninggal dunia.

"Selanjutnya korban langsung dievakuasi dan diserahkan kepada pihak keluarga," katanya dilansir dari Medan Times. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya