News Selasa, 10 Mei 2022 | 20:05

Dubes Rusia di Polandia Dilempar Cat, Pengamat: Tidak pada Tempatnya

Lihat Foto Dubes Rusia di Polandia Dilempar Cat, Pengamat: Tidak pada Tempatnya Duta Besar Rusia untuk Polandia, Sergei Andreev dilempar cat merah saat sedang meletakkan bunga di tempat pemakaman para tentara Soviet di Warsawa pada Senin, 9 Mei 2022. (Foto: Instagram)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Duta Besar Rusia untuk Polandia Sergei Andreev dilempar cat merah saat sedang meletakkan bunga di tempat pemakaman para tentara Soviet di Warsawa pada Senin, 9 Mei 2022.

Begitu dia keluar dari mobilnya, sekelompok orang datang dengan membawa bendera Ukraina, kertas bercat merah, dan slogan anti-Rusia, seperti dilansir dari Merdeka, Selasa, 10 Mei 2022.

Mereka yang datang ke tugu pemakaman tersebut berteriak pada Dubes Rusia dan rombongan sang dubes. 

Mereka menyebut, Andreev tidak berhak memberikan penghormatan untuk para tentara Soviet dan merayakan Hari Kemenangan.

Menanggapi pelemparan cat ke Dubes Andreev, Pengamat Militer dari Indonesia Connie Rahakundini Bakrie menyebut, tindakan menyemprotkan cat ke Dubes Rusia untuk Polandia sama sekali tidak masuk akal dan tidak pada tempatnya.

Baca juga:

Ngeri, Rusia Tayangkan Simulasi Serangan Nuklir Lenyapkan Inggris dan Irlandia

Menurut Connie, duta besar dari negara manapun yang bertugas di luar negaranya disumpah untuk menyampaikan, melaksanakan, dan mewujudkan kepentingan nasional negara asalnya. Begitu pula Duta Besar Rusia untuk Polandia.

Keputusan politik Rusia sesuai dengan kepentingan nasional pemerintahnya yang disimpulkan oleh sistem politik mereka.

"Dan oleh karena itu bukan tanggung jawab pribadi Duta Besar Rusia yang menjalankan tugas di negara mana pun di seluruh dunia," kata Connie dikutip dari Instagramnya, Selasa, 10 Mei 2022.

"Malu untuk Polandia yang masih perlu belajar banyak bagaimana menghormati yang disebut Duta Besar dengan semua tugas diplomatiknya," tukas dia. []



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya