News Senin, 25 Juli 2022 | 16:07

Dukung Program Ketahanan Pangan, TNI Siapkan Lahan Seluas 2,5 Ha di Jakarta Barat

Lihat Foto Dukung Program Ketahanan Pangan, TNI Siapkan Lahan Seluas 2,5 Ha di Jakarta Barat Komandan Kodim 0503/JB Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa, (Foto: Istimewa)

Jakarta - Komando Distrik Militer (Kodim) 0503/Jakarta Barat menyiapkan lahan kosong seluas sekitar 2,5 hektare (ha) di kawasan Kembangan, Kalideres dan Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar).

Hal itu dilakukan untuk ditanami sayur dan buah-buahan demi mendukung program ketahanan pangan di daerah tersebut.

"Ini merupakan program dari KSAD dalam rangka menjaga ketahanan pangan warga pasca pandemi Covid-19," kata Komandan Kodim 0503/JB Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa di Jakarta Barat, Senin, 25 Juli 2022.

Selain menjaga ketahanan pangan, program ini juga bertujuan untuk melatih warga agar memiliki keterampilan sekaligus memanfaatkan lahan sekitar sebagai sumber pangan yang dapat dijual ataupun dikonsumsi secara pribadi.

Sejauh ini, pihaknya sudah dalam proses pengolahan lahan seluas setengah hektare di kawasan Kalideres dan Kelurahan Kapuk di Kecamatan Cengkareng.

"Kalau di Kembangan kita ada lahan seluas satu setengah hektare di belakang perumahan Intercone. Pemilik lahan sudah setuju untuk pemanfaatan tersebut," ujarnya.

Nantinya, lahan tersebut ditanami beberapa jenis tanaman pangan yang disediakan dari Kodim seperti semangka, ubi, jagung, terong dan cabai.

TNI pun akan berperan memberikan pelatihan dan bimbingan kepada warga yang nantinya akan bercocok tanam. Oleh karena itu, dia sudah menyiapkan beberapa petugasnya untuk menerima pembekalan.

"Babinsa kita, sudah menerima pembekalan dan pelatihan bercocok tanam dari program staf Teritorial Angkatan Darat. Mereka yang nanti akan membimbing warga," tuturnya.

Lebih lanjut, pihaknya memang menargetkan seluruh wilayah Korem memiliki lahan khusus untuk dimanfaatkan untuk bercocok tanam secara manual ataupun hidroponik.

Karena sulitnya mencari lahan yang luas di Jakarta Barat, I Made pun mendorong seluruh jajaran Korem untuk mengajak warga bercocok tanam di halaman ataupun pekarangan rumah.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya