Hiburan Sabtu, 20 April 2024 | 01:04

Duo Folks Endah N Rhesa Suarakan Perdamaian Palestina di Markas PBB

Lihat Foto Duo Folks Endah N Rhesa Suarakan Perdamaian Palestina di Markas PBB Duo folks Endah N Rhesa menyuarakan kepedulian atas apa yang terjadi di bumi Palestina. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Duo folks Endah N Rhesa menyuarakan kepedulian atas apa yang terjadi di bumi Palestina saat perilisan album kompilasi bertajuk Sound Right di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat. Album ini, digarap bersama deretan musisi internasional.

Selain Endah N Rhesa yang berkolaborasi dengan Navicula di lagu bertajuk Segara Gunung, album ini juga menghadirkan lagu-lagu lain yang dibawakan oleh deretan musisi internasional dari Kolombia, Norwegia, Venezuela, Kenya, Denmark, Inggris, Amerika Serikat, dan India.

Dalam penggarapan album ini, deretan musisi global ikut ambil bagian dan merespon suara-suara alam dari berbagai ekosistem di seluruh dunia. Inisiatif bernama global Sounds Right ini, menjadikan Alam sebagai musisi resmi dengan profil yang dibuat dan terverifikasi di Spotify dengan nama NATURE.

Mereka yang ikut diantranya David Bowie x Brian Eno, Ellie Goulding, AURORA, Navicula x Endah N Rhesa, UMI dengan V dari BTS, Anuv Jain, MØ, London Grammar, Bomba Estéreo, Cosmo Sheldrake, Louis VI, Tom Walker, Aterciopelados, Blinky Bill, dan Los Amigos Invisibles.

Endah N Rhesa berpose dengan unit rock Navicula. (Foto: Istimewa)

Royalti dari album kompilasi ini akan didonasikan untuk konservasi keanekaragaman hayati dan proyek restorasi ekosistem yang sedang terancam (punah/ hancur) di seluruh dunia.

Royalti dan donasi NATURE untuk Sounds Right akan dikumpulkan oleh badan amal terdaftar di Inggris dan Amerika Serikat, EarthPercent (LSM lingkungan hidup yang diinisiasi oleh Brian Eno), kemudian akan disalurkan untuk proyek konservasi dan restorasi keanekaragaman hayati di ekosistem yang sedang terancam (punah/ hancur) di seluruh dunia.

Dana akan didistribusikan di bawah bimbingan Sounds Right Expert Advisory Panel, sebuah kelompok yang terdiri dari para ahli biologi terkemuka di dunia, aktivis lingkungan, perwakilan Masyarakat Adat, dan para ahli di bidang pendanaan konservasi.

Dengan semangat kemanusiaan, Endah N Rhesa seolah tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan dalam kunjungan langsungnya di perilisan Sounds Right. Mereka berdua, berusaha menyampaikan pesan darurat kemanusiaan mengingat kondisi di Gaza, Palestina dan mengutuk genosida yang masih terjadi di sana.

Baca juga: Sambut Hari Bumi 2024, Endah N Rhesa dan Navicula Rilis Single Segara Gunung

Baca juga: Album Sonic/Panic Karya 13 Musisi Indonesia Dirilis di Iklim Fest 2023

"Saya meyakini sebelum memperbaiki alam, harus dimulai dari memperbaiki manusianya terlebih dahulu. Karena tanpa manusia yang punya kebaikan, mustahil alam dapat baik-baik saja," tutur Endah, dikutip Opsi pada Sabtu, 20 April 2024.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya