Hiburan Selasa, 08 Maret 2022 | 10:03

Ed Sheeran Dituding Jiplak Lagu Milik Sami Switch, Perkara Dibawa ke Pengadilan

Lihat Foto Ed Sheeran Dituding Jiplak Lagu Milik Sami Switch, Perkara Dibawa ke Pengadilan Ed Sheeran. (Foto: Instagram/teddysphotos)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran dituding melakukan penjiplakan lagu dengan memotong bagian dari lagu berjudul Oh Why milik Sami Chokri alias Sami Switch dan produser Ross O`Donoghue dan memasukkannya ke dalam lagu miliknya sendiri yang berjudul Shape of You.

Laman Reuters melaporkan, perkara ini bahkan sampai di bawa ke persidangan hak cipta di Pengadilan Tinggi London. Namun kepada pengacara Sami Switch dan Ross O`Donoghue, Andrew Sutcliffe, Ed Sheeran membantah tuduhan itu.

Dalam keterangannya kepada Andrew Sutcliffe, Ed Sheeran mengaku tidak mengenal siapa Sami Switch. Namun sang pengacara tidak mempercayainya.

Sutcliffe meyakini, Ed Sheeran mengetahui Sami Switch karena mereka berdua pernah muncul di platform musik online Inggris, SBTV.

Menurut Sutcliffe, Ed Sheeran bahkan meneriakkan nama Sam Switch di Reading Festival pada 2011 setelah diminta oleh sahabatnya, Jamal Edwards. 

 Ed Sheeran. (Foto: Instagram/teddysphotos)

Sutcliffe juga mengatakan, ada banyak bukti yang menunjukkan Ed Sheeran sedang mengumpulkan ide sebelum menulis lagu.

Ed Sheeran juga ditanya tentang keputusannya untuk menyelesaikan klaim atas lagunya yang berjudul Photograph, yang menurut dua musisi California memiliki komposisi yang sama dengan lagu mereka yang berjudul Amazing.

Baca juga: Paul Partohap Resmi Merilis Album Perdana Bertajuk Vorfreude

Baca juga: Cerita Personel Voice of Baceprot, Jalan Terjal Trio Metal Hijabers

Ed Sheeran setuju untuk menyerahkan 35 persen dari pendapatan, mengakui musisi sebagai co-writer, dan membayar lebih dari US$ 5 juta atau sekitar Rp 71 juta kepada mereka atas saran dari pengacaranya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya