Hiburan Senin, 22 Mei 2023 | 19:05

Edo Makarim Gelar Pameran Tapak Katresnan di Hadiprana Art Center

Lihat Foto Edo Makarim Gelar Pameran Tapak Katresnan di Hadiprana Art Center Suasana konferensi pers pembukaan Pameran Tapak Katresnan milik Edo Makarim. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Seniman muda Edo Makarim resmi membuka pameran tunggalnya bertajuk Tapak Katresnan pada Minggu, 21 Mei 2023 di Hadiprana Art Center, Kemang, Jakarta.

Sejumlah karya berupa lukisan dan instalasi seni, dipamerkan dalam acara yang terbuka untuk umum dan bakal berlangsung hingga 24 Juni 2023 mendatang ini.

Berbicara dalam konferensi pers pembukaan pameran Tapak Katresnan, Kurator Pameran sekaligus pendamping sang seniman, Timotius Warsito mengatakan bahwa kalimat "Tapak Katresnan" yang diambil sebagai tajuk pameran lantaran memiliki arti jejak cinta dan kasih sayang.

Hal itu, lekat dengan perlakuan keluarga Edo yang memberikan kasih sayang serta pengertian mendalam kepada putranya yang berkebutuhan khusus.

"Meskipun menghadapi berbagai tantangan sejak lahir, Edo berhasil melawan segala rintangan dan menjelma menjadi seorang seniman luar biasa, dengan perspektif unik.dalam menciptakan karya seni yang memikat," tuturnya, dikutip Opsi pada Senin, 21 Mei 2023.

Seniman lukis dan instalasi, Edo Makarim. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Sejak masih bayi, kata Timo, Edo mengalami komplikasi kesehatan serius, termasuk penyakit kuning yang membutuhkan transfusi darah dan gangguan pembuluh darah di otak yang memengaruhi motorik kaki dan tangan kirinya.

"Namun orangtua Edo, Agus B Januar dan Revita telah menjadi pendamping yang luar biasa dalam perjalanan seninya," kata dia.

Sementara Edo Makarim mengatakan bahwa karya-karya yang ia sajikan dalam acara ini merangkum sejumlah hal yang paling membekas dalam hidupnya.

Lukisan berjudul P.E.T.E misalnya, merupakan buah dari pengalamannya semasa kecil. Kala itu, Edo mengaku enggan makan meski menu yang disajikan di keluarganya demikian beragam.

Namun suatu ketika, neneknya mengenalkannya dengan pete, makanan hijau nan mungil yang seketika membikin nafsu makannya meningkat.

"Tidak hanya dalam bentuk petai balado, hidangan yang berwarna hijau itu juga disajikan di atas meja dalam bentuk olahan lainnya," kata Edo.

Sederet karya lain, di antaranya lukisan dan instalasi seni berjudul Kancing, Lembah Harau, Roti, Menu Sarapan, Nelayan, Trend Masa Kini, Kampung Naga, Bebas Masker, dan lain-lain, memberikan cerita tersendiri yang disajikan kepada para penikmat seni.

Sebelum menggelar Pameran Tunggal Tapak Katresnan, Edo Makarim sudah lebih dulu terlibat dalam sejumlah pameran seni bersama seniman-seniman senior lainnya.

Baca juga: Pophariini Kemas Pameran Seni dan Pertunjukan Musik di Pioneer`s Co-Lab

Baca juga: Hadirkan Karya dari 22 Seniman, Pameran artina.Sarinah #2: Matrajiva Resmi Dibuka

Edo Makarim tercatat pernah terlibat dalam pameran Festival Bebas Batas (2018), Daur Hidup - Anugerah Barli (2019), Bandung Art Month Road to 2020 (2019), dan lain-lain. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya