Daerah Kamis, 21 Juli 2022 | 20:07

Edy Rahmayadi Bawa Investor ke Dairi, Akan Bangun Pabrik Minyak Serai Wangi

Lihat Foto Edy Rahmayadi Bawa Investor ke Dairi, Akan Bangun Pabrik Minyak Serai Wangi Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi bersama pelajar disela kunjungan kerjanya ke Dairi. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi membawa investor ke Kabupaten Dairi saat kunjungan kerjanya ke zona dataran tinggi Sumut itu, Kamis 21 Juli 2022.

Investor tersebut akan membuat kebun serai wangi dan membangun pabrik minyak serai wangi di Kabupaten Dairi.

Minyak serai wangi sendiri banyak diminati masyarakat sebagai obat gigitan/pengusir serangga, aroma terapi dan obat kulit.

Dengan senyawa utama sitronelal, sitronelol dan geraniol komoditas yang dikenal dengan nama citronella oil ini juga banyak diminati orang luar negeri.

"Ini saya bawa investornya, dia akan membuat kebun serai wangi di sini, dan juga pabriknya. Jadi, dari sini yang keluar langsung produk jadinya," kata Edy Rahmayadi.

Perkebunan serai wangi dan pabrik citronella oil di Dairi, diharapkan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Selain itu, Edy juga berharap pabrik dan kebun ini nantinya bisa meningkatkan PAD Kabupaten Dairi.

"Tentu nanti akan ada kebutuhan tenaga kerja, lahan, jadi perlu dukungan masyarakat dan pemkab. Kami juga dari pemprov akan mendukung infrastrukturnya," kata Edy.

Sedangkan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan pihaknya menyiapkan 6.000 Ha lahan untuk pengembangan pertanian.

"Harapan kita Pemprov Sumut dan Pemkab Dairi terus berkolaborasi meningkatkan pertanian daerah ini," tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya