Hiburan Sabtu, 08 April 2023 | 00:04

Efek Rumah Kaca Lepas Album Rimpang Versi Fisik dalam Bentuk CD

Lihat Foto Efek Rumah Kaca Lepas Album Rimpang Versi Fisik dalam Bentuk CD Grup musik, Efek Rumah Kaca. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Grup musik Efek Rumah Kaca akhirnya merilis album teranyar mereka bertajuk Rimpang dalam format fisik berupa cakram padat alias CD, menyusul versi digital yang telah meluncur lebih dulu ke pasaran.

Cholil Mahmud sang vokalis mengatakan bahwa materi-materi yang terdapat pada album keempat Efek Rumah Kaca ini telah dikumpul dan diramu sejak tahun 2016 silam.

Setelah sempat merekam, mengaransemen, mendengarkan berbagai hasil rekaman, dan membongkar ulang, mereka pada akhirnya berhasil menyelesaikan proses rekaman, yang ternyata tak "mudah".

"Sepuluh lagu berhasil kami selesaikan dengan susah dan payah, selain sukacita tentunya," kata Cholil, dikutip Opsi pada Sabtu, 8 April 2023.

Judul Rimpang, menjadi album penuh pertama Efek Rumah Kaca tanpa campur tangan Adrian Yunan yang -diakui Cholil- jejaknya demikian melekat dalam lagu maupun lirik ERK sebelumnya.

"Namun begitu, kehadiran Poppie Airil dan Reza Ryan membuat kami mampu melangkah ke wilayah-wilayah yang belum pernah kami jelajahi sebelumnya," katanya.

"Sehingga membuat Rimpang menjadi album yang kami rasa berbeda dari album-album kami sebelumnya. Semoga, begitu juga album-album berikutnya, akan tetap menjelajah," tutur Cholil.

Artwork album Rimpang milik Efek Rumah Kaca. (Foto: Istimewa)

Single Rimpang yang merupakan bagian dari album ini, merupakan gambaran tentang betapa harapan-harapan, baik yang kecil maupun besar, muncul secara acak, tak linier, tanpa hirarki, dan dalam berbagai situasi (santai maupun tertekan) menjalar secara diam-diam.

Lagu ini dianggap paling pas untuk mewakili apa yang ingin disampaikan oleh ERK dan menjadi benang merah dari berbagai kritik dan otokritik serta kesah dan gelisah, sehingga Rimpang diambil menjadi tajuk album.

Peluncuran CD dan video lirik album Rimpang berlangsung di Institut Français Indonesia (IFI) Jakarta, pada Sabtu, 8 April 2023.

Baca juga: Neona Ajak Pendengar Lawan Cyberbullying di Single Click

Baca juga: Eclat Story Lepas Single IDK Bareng Warner Music Indonesia

Sementara dalam format digital, album Rimpang milik Efek Rumah Kaca sudah dapat dinikmati di berbagai person pemutar musik daring. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya