Hukum Senin, 18 April 2022 | 13:04

Eksekutor Petugas Dishub Makassar, Oknum Polisi

Lihat Foto Eksekutor Petugas Dishub Makassar, Oknum Polisi Pres rilis penembakan pegawai Dishub Makassar, Senin 18 April 2022. (Foto: Opsi/Rio)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Budhi Haryanto didampingi Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Komang Suartana, merilis kasus penembakan, Najamuddin Sewang 32 tahun, Senin 18 April 2022.

Kombes Budhi mengatakan, satu tersangka baru sekaligus sebagai eksekutor adalah berinisial SU seorang oknum polisi. Selain itu tersangka lainnya berinisial S, MIA, N dan A

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Budhi Haryanto menyebut, Polisi dalam mengungkap kasus ini sudah profesional. Karena pengungkapannya tidak membutuhkan waktu lama.

“Ternyata kasus ini sudah direncanakan dari tahun 2020 lalu. Namun baru tahun 2022 terlaksana. Bahkan pelaku sempat meneror dengan melempar sejumlah sesajen ke rumah korban namun korban belum meninggal," jelas Budhi.

Barang bukti dari kasus ini yakni, senjata milik oknum polisi SU yang digunakan eksekutor korban, tersangka mendapatkan dengan cara online. Setelah ditelusuri ternyata senjata itu milik jaringan teroris.

“Awalnya pembeli senjata itu tidak tahu kalau yang ditempati membeli adalah jaringan teroris. Untuk pelaku eksekutornya merupakan oknum anggota Polri. Tidak ada toleransi bagi anggota tersebut. Sesuai perintah Kapolda Sulsel, oknum anggota itu akan ditindak tegas,” tegas Budhi.

Budhi menyebut, eksekutor ini satu daerah dengan otak pelaku pembunuhan. Karena, satu daerahnya merasa disakiti, sehingga eksekutor merasa iba. Otak pelaku kemudian memberikan ucapan terimakasih kepada eksekutor sebesar Rp 85 juta.

Salah satu dari tersangka berinisial MIA itu adalah Muhammad Iqbal Asnan. Dia tidak lain merupakan Kasatpol PP Makassar. Dalam kasus ini, peran Iqbal sangat sentral. Dia otak yang menyuruh menghabisi nyawa korban.

“Otak pelaku merupakan pejabat Pemkot Makassar. Dia Kasatpol PP,” tutur Budhi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya