Pilihan Minggu, 29 Mei 2022 | 14:05

Eksotisnya Danau Toba dari Pusuk Buhit, Gunung Asal Mula Orang Batak

Lihat Foto Eksotisnya Danau Toba dari Pusuk Buhit, Gunung Asal Mula Orang Batak Gunung Pusuk Buhit di Samosir, Sumatra Utara. (Foto: visitsamosir.com)
Editor: Tigor Munte

Samosir - Dalam mitologi Orang Batak, secara khusus Batak Toba, diungkap bahwa Gunung Pusuk Buhit adalah tempat kelahiran suku atau Orang Batak.

Itu sebabnya gunung ini dianggap sakral. Pusuk Buhit jika dimaknai adalah puncak bukit. Posisinya berada di Kawasan Danau Toba, persisnya di Pulau Samosir atau Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Pusuk Buhit termasuk gunung berapi, seperti halnya Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, serta Gunung Sorik Marapi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Gunung Pusuk Buhit memiliki ketinggian 1.972 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan dikitari beberapa desa di Kecamatan Sianjur Mula-mula dan Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Baca juga:

Asap Tebal dari Lereng Gunung Pusuk Buhit, Lingkungan di Danau Toba Terancam Rusak

Gunung ini merupakan satu rangkaian gunung supervolcano Toba. Anda bisa melihat keindahan nan eksotis Danau Toba dari puncak Pusuk Buhit.

Rasa takjub dan decak kagum akan muncul secara spontan, dengan pesona alam Danau Toba yang memang sungguh luar biasa. 

Untuk bisa ke Pusuk Buhit, Anda harus berkendara lewat jalur darat dari Pangururan, ibu kota Kabupaten Samosir dan melintasi Jembatan Tano Ponggol.

Pemandangan Danau Toba dari Gunung Pusuk Buhit. (Foto: visitsamosir.com)

Berjarak 21,4 kilometer dan bisa ditempuh tak sampai satu jam atau persisnya 46 menit. Dan Anda akan disuguhi pemandangan indah Danau Toba dan perkampungan di sepanjang jalan sebelum tiba di Pusuk Buhit.

Di Sumatra Utara, selain Pusuk Buhit ada juga beberapa gunung yang masih aktif. Dari rangkuman berbagai sumber ini, ini datanya:

1. Gunung Sinabung

Gunung Sinabung terletak di Kabupaten Karo. Gunung ini tercatat sangat aktif dan sering mengalami erupsi.

Gunung Sinabung memiliki ketinggian 2.460 mdpl. Pernah mengalami erupsi pada 2 Maret 2021.

2. Gunung Sibuaten

Gunung Sibuaten di Kabupaten Karo. Ketinggian 2.457 mdpl. Gunung ini memiliki karakteristik lembab dan licin, terutama jika musim hujan.

Dibutuhkan waktu sekitar 7-9 jam dengan melewati hutan rimba untuk bisa mencapai puncak gunung ini.

3. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak berada di dataran tinggi Kabupaten Karo. Gunung dengan ketinggian sekitar 2.172 mdpl.

Untuk Anda bisa mendaki gunung ini harus melewati hutan belantara tropis yang cukup ekstrem. 

Karena terdapat jalur tebing. Dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 2-3 jam untuk bisa mencapai gunung ini. Gunung Sibayak terakhir meletus pada akhir tahun 1881.

4. Gunung Sorik Marapi

Gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis ini, berada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Ketinggiannya mencapai 2.145 mdpl. Gunung Sorik Marapi terakhir meletus pada tahun 1987.

5. Gunung Sibualbuali

Gunung Sibualbuali berada di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Tinggi gunung ini sekitar 1.819 mdpl. Meski gunung ini termasuk aktif, namun masih termasuk aman untuk didaki. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya