Daerah Senin, 14 Februari 2022 | 12:02

Empat Calon Diduga Menjegal Khairul Reza untuk Maju di Pilkades Desa Panto Cut Abdya

Lihat Foto Empat Calon Diduga Menjegal Khairul Reza untuk Maju di Pilkades Desa Panto Cut Abdya Ilustrasi Pemilihan Kepala desa (Pilkades). (Foto: Opsi/Ilustrasi)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Calon Kepala Desa Panto Cut, Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Khairul Reza sudah dua kali digugurkan oleh Panitia Pemilihan Keucik (P2K) hingga membuat gaduh dan membuat massa pendukungnya mengelar aksi protes.

Mengganjal calon ini untuk gugur tidak saja dilakukan oleh P2K setempat lewat keputusannya dengan dalih berkas tidak lengkap atau beberapa berkas dinilai palsu. Namun menganjal pria masuk daftar calon juga turut disuarakan oleh empat calon lain.

Melalui surat, empat calon ini meminta P2K untuk tidak meloloskan Khairul Reza. Surat ini ditanda tangani langsung oleh keempatnya yakni, Muhammad Rasyid, Zikri Yus, Alwi Rosman, dan Zulfahmi.

Dalam surat tertanggal 9 Februari 2022 itu, calon keuchik tersebut memohon P2K untuk tidak menetapkan Khairul Reza sebagai calon. Alasannya, karena pada saat pendaftaran calon ini membawa massa dan membuat keributan.

Alasan lain, karena calon ini menggiring dan melibatkan aparatur desa untuk mendukungnya. Poin terakhir dari alasan keempat calon itu adalah berkas pendaftaran kurang, sehingga tidak memenuhi syarat.

Untuk poin lain, Khairul Reza hanya melampirkan surat berhenti sebagai tenaga kontrak dari kepala puskesmas, padahal secara aturan harus ada surat dari kepala dinas kesehatan berhubung yang bersangkutan tenaga kontrak di instansi tersebut sesuai SK Bupati.

Atas dasar itulah, keempat calon merasa keberatan dan meminta P2K menggugurkan dan tidak menetapkan Khairul Reza sebagai calon dalam pesta demokrasi desa enam tahunan itu.

Camat Kuala Batee, Khairuman membenarkan adanya surat pernyataan itu. Dia diperlihatkan kemarin, namun kata dia surat itu cacat hukum dan sudah termasuk intervensi terhadap P2K oleh calon yang dituju.

"P2K juga sudah tergiring dalam politik para calon itu," pungkasnya.

Fakta di Balik Penggagalan Calon

Lantas, kenapa ramai-ramai secara tidak langsung mengganjal Khairul Reza masuk daftar balon. Usut punya usut ternyata Khairul Reza merupakan sosok yang didukung oleh warga untuk mencalonkan diri.

Fakta ini menjadi kuat, sebab teranga-terangan warga menampakkan diri mendukungnya. Hal ini bisa dilihat dari jumlah warga yang melakukan aksi protes ke kantor Kades dan kantor camat dalam dua aksi yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Berkaca dari jumlah massa yang melakukan aksi protes, wajar kandidat lain mulai memperat tali dasinya dan bangkit dari kondisi nyamannya, serta mencari cara agar pria bernama Khairul Reza tersingkir.

Jika Khairul Reza maju, bisa dibilang harapan kandidat lain bakal seperti sebuah kapal yang dilihat dari jarak ribuan Mil ditengah laut atau hanya terlihat seperti sebuah titik.

Reza yang maju karena didukung tentu layak dianggap ancaman untuk kandidat lain meraup suara banyak hingga bisa terpilih duduk dikursi empuk sang Kades selama enam tahun kedepan.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya