Daerah Sabtu, 18 Desember 2021 | 21:12

Empat Desa di Lumajang Seperti Kampung Mati, Semua Penduduknya Mengungsi

Lihat Foto Empat Desa di Lumajang Seperti Kampung Mati, Semua Penduduknya Mengungsi Salah satu kampung yang terdampak cukup parah di Lumajang. (Foto: Netizen)
Editor: Rio Anthony

Lumajang - Warga dari empat dusun yang terdampak erupsi Gunung Semeru meninggalkan rumahnya dan tinggal di tenda pengungsian. Dusun tersebut ialah Dusu Renteng, Dusun Kajar, Dusun Kuning dan Dusun Curah Kobokan.

Warga mengatakan terpaksa meninggalkan rumahnya karena wilayah tersebut termasuk ke dalam zona merah.

"Sudah kemarin semua harta benda dan perabotan rumah dievakuasi semua. Kami terpaksa meninggalkan kampung karena sudah ditetapkan zona merah bahaya bencana," ujar Sugianto (43), salah satu warga Dusun Kajar Kuning, Sabtu 18 Desember 2021.

warga lainnya, Khaerudin mengatakan, ancaman Semeru selalu membayangi. Ia berharap relokasi secepatnya dapat diselesaikan agar ia bersama keluarga dapat hidup kembali dengan normal.

"Ancaman Semeru selalu membayangi, apalagi hari Sabtu 4 Desember 2021 sore, semburan awan panas meluluhlantahkan perkampungan dan banyak korban jiwa, jadi terpaksa tinggalkan rumah yang selama ini ditinggali bersama keluarga. Semoga relokasi segera selesai agar bisa memulai hidup baru," kata Kaharudin.

Pemerintah sendiri saat ini tengah membangun tempat tinggal baru bagi para korban erupsi Gunung Semeru. Tempat tinggal baru tersebut akan terletak di Desa Sumbermujur dan Desa Oro-Oro Ombo. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya