Daerah Senin, 06 Juni 2022 | 09:06

Empat Pekerja Proyek Tenggelam di Danau Toba, Satu Masih Dicari

Lihat Foto Empat Pekerja Proyek Tenggelam di Danau Toba, Satu Masih Dicari Tim SAR saat akan melakukan pencarian terhadap pekerja proyek asal Jawa Barat yang tenggelam di Danau Toba. (Foto: SAR Medan)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Andi Nasution

Medan - Empat orang pekerja proyek tenggelam di Danau Toba, tepatnya di Aek Tano Ponggol, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Akibat kejadian itu, satu diantaranya dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian tim SAR. Sedangkan tiga lainnya berhasil diselamatkan.

Menurut informasi, empat pekerja proyek itu pada Minggu 5 Juni 2022 sekitar pukul 17.45 WIB, sedang asyik berenang di Danau Toba.

Namun tiba-tiba keempatnya tenggelam. Warga yang mengetahui itu langsung melakukan penyelamatan dan berhasil menyelamatkan tiga orang.

Sedangkan satu orang lagi, Aljab Maulana (21), warga Ciamis, Jawa Barat, gagal diselamatkan karena dalamnya Danau Toba yang menyebabkan warga yang berusaha menolong kelelahan dan melepaskan korban.

Selanjutnya, warga yang telah berusaha menolong korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke pemerintah setempat dan diteruskan ke Pos SAR Parapat Danau Toba.

Pos SAR Parapat Danau Toba yang mendapat laporan, langsung menurunkan satu Tim Rescuer berjumlah delapan orang guna melakukan pencarian.

Tim Rescuer dipimpin langsung Koordinator Pos SAR Parapat Danau Toba, Hisar Turnip, berangkat menuju lokasi melalui jalur air menggunakan Regead  Inflatable Boat (RIB).

“Setelah menerima informasi, tim menuju lokasi dan setibanya langsung dilakukan pencarian dengan cara penyelaman dan menggunakan alat pendeteksi di bawah air yaitu Aqua Eyes milik Pos SAR Parapat,” kata Hisar dalam keterangannya, Senin 6 Juni 2022.

Pencarian yang dilakukan hingga pukul 22.15 WIB, kata dia, belum membuahkan hasil sehingga pencarian harus dilanjutkan keesokan paginya.

“Pagi ini, pencarian kembali dilakukan dengan cara menyelam dan menggunakan Alat Aqua Eyes, dengan harapan korban bisa secepatnya ditemukan,” tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya