News Rabu, 13 September 2023 | 11:09

Erick: Alhamdulillah Kita Lolos Piala Asia U-23

Lihat Foto Erick: Alhamdulillah Kita Lolos Piala Asia U-23 Erick Thohir bersama Presiden Jokowi dan Waketum PSSI Zainuddin Amali. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Ivar Jenner dan Pratama Arhan menjadi pencetak dua gol bagi Tim U-23 Indonesia saat membungkam Turkmenistan dalam laga kedua Kualifikasi Piala AFC U-23 Tahun 2024.

Kemenangan 2-0 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, tersebut mencatat sejarah pertama kali Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23.

Gol dicetak Ivar Jenner pada menit ke-41 dan Pratama Arhan pada menit ke-92 dalam laga yang juga disaksikan Presiden Jokowi pada Selasa, 12 September 2023 malam.

Tim asuhan Shin Tae-yong melenggang mulus sebagai pemuncak klasemen Grup K dengan raihan enam poin dari dua kali menang.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersyukur Marselino dan kawan-kawan dapat memberikan hasil terbaik bagi Indonesia.

"Alhamdulillah, kita lolos Piala Asia U-23 untuk pertama kali sepanjang sejarah. Ini bukti kalau kita bisa," ujar Erick selepas pertandingan. 

BACA JUGA: Taklukkan Turkmenistan 2-0, Pratama Arhan Dkk Lolos ke Piala Asia U-23 Tahun 2024

Erick mengapresiasi perjuangan Garuda Muda yang tampil begitu tenang dan tidak terpancing provokasi lawan.

"Selamat kepada seluruh pemain, pelatih, dan official, kalian layak mendapatkannya setelah berjuang begitu keras, baik dalam latihan maupun pertandingan," ucap Erick. 

Erick memuji sikap para pemain yang bermain tenang. Menurut Erick, ketenangan para pemain menjadi kunci sehingga dapat mendominasi permainan. 

Erick mengatakan, kemenangan ini juga menjadi momentum timnas untuk meningkatkan level permainan di ajang internasional. 

"Setelah kemarin, menang lawan China Taipei, lalu sekarang menang lagi lawan Turkmenistan, tradisi kemenangan seperti ini yang harus terus kita jaga," lanjut Erick. 

Erick menyampaikan kemenangan ini juga kian istimewa lantaran disaksikan langsung Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi. 

Erick berterima kasih kepada para pendukung dan masyarakat yang tidak pernah berhenti mendukung dan mendoakan timnas. 

"Terima kasih Bapak Presiden dan Ibu Negara yang telah datang mendukung langsung perjuangan Garuda Muda," kata Erick. 

Dengan hasil ini, tim U-23 menyusul kesuksesan timnas senior yang lebih dahulu memastikan satu tempat pada putaran final Piala Asia di Qatar Tahun 2024. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya