News Sabtu, 04 Maret 2023 | 22:03

Erick Bermimpi, Jadikan Kompetisi Sepak Bola Indonesia Terbaik di Asia Tenggara

Lihat Foto Erick Bermimpi, Jadikan Kompetisi Sepak Bola Indonesia Terbaik di Asia Tenggara Ketum PSSI Erick Thohir. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertekad membawa kompetisi sepak bola Indonesia menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, mengalahkan Thailand dan Vietnam. 

Kini Liga Thailand menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, berdasarkan ranking dan penilaian kompetisi dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). 

Liga Thailand menjadi satu-satunya kompetisi di Asia Tenggara yang menggunakan sistem Video Assistant Referee (VAR).

‘’Apakah kita (PSSI) mampu? Saya optimistis mampu mengalahkan Thailand dan Vietnam terkait dengan kompetisi,’’ kata Erick dalam sarasehan sepak bola di Surabaya, Sabtu, 4 Maret 2023.

Kata dia, banyak yang hal perlu dibicarakan di sarasehan. Tentang bisnis, kompetisi yang ideal dan bagus, dan ujung-ujungnya tujuannya adalah menyehatkan klub. 

BACA JUGA: Liga 1 Musim Depan Berganti Nama Menjadi Liga Indonesia, Liga 2 Disebut Liga Nusantara

Menurut dia, kalau pemilik klub harus bakar duit terus, klub itu pasti tidak akan sehat. 

"Saya kira kita sepakat semua ingin maju, ingin klub sehat, dan tentu ujungnya adalah tim nasional yang tangguh,’’ imbuh Erick.

Erick memberi contoh soal pendapatan liga sepak bola dan basket di dunia. 

Salah satu contoh market value NBA yang mencapai US$8 miliar. Demikian juga dengan Serie A, Bundesliga, La Liga, Premier League, dll.

Mereka kata dia, belum bertanding saja sudah untung. 

"Jadi ke depan kita ingin seperti itu. Apakah bisa? Bisa. Saya yakin," katanya.

Selain sarasehan dengan pemilik klub Liga 1 dan 2, PSSI kata Erick, juga akan membuat sarasehan dengan Liga 3, Asosiasi Provinsi (Asprov), jambore suporter.

Di sana juga tentunya berbicara tentang bisnis. 

"Liga sepak bola itu bukan komunitas yang eksklusif. Kita bersaing dengan negara lain. Jadi banyak hal yang akan kita lakukan," ungkapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya