News Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:08

Erick Thohir: Bersih-bersih BUMN Bukan Program yang Hanya Ingin Menangkap

Lihat Foto Erick Thohir: Bersih-bersih BUMN Bukan Program yang Hanya Ingin Menangkap Menteri BUMN Erick Thohir saat peluncuran holding BUMN Danareksa di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu, 20 Juli 2022. (Kementerian BUMN)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan bahwa program bersih-bersih BUMN bukan program penangkapan, melainkan untuk memperbaiki sistem yang ada di perusahaan-perusahaan pelat merah dan Kementerian BUMN melalui penyelamatan dan restrukturisasi organisasi.

"Bersih-bersih BUMN ini istilahnya bukan program hanya ingin menangkap. Yang terpenting, bagaimana melalui program ini, kami memperbaiki sistem yang ada di perusahaan-perusahaan BUMN dan Kementerian BUMN," kata Erick Thohir seperti mengutip catatan dari medsos pribadinya, Rabu, 17 Agustus 2022.

Dia menegaskan, program ini bukan program penangkapan, tetapi bagaimana tindakan yang dilakukan bisa menyelamatkan, merestrukturisasi, dan sebuah solusi yang baik untuk masyarakat Indonesia.

Erick Thohir menyatakan usaha membersihkan dan pembenahan perusahaan milik negara akan terus dilakukan. Perbaikan Jiwasraya, misalnya, sudah hampir menyeluruh.

"Begitu pun ASABRI. Sekarang, bukti terbaru, adalah Garuda. Di mana proses hukumnya terjadi, proses restrukturisasinya berjalan," ujarnya.

Menurutnya, bersih-bersih BUMN bukanlah program yang sekadar ingin menangkap. Yang terpenting, program bersih-bersih BUMN dilakukan untuk memperbaiki sistem di perusahaan-perusahaan pelat merah.

Pernyataan tersebut merupakan respons atas pujian Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap upaya bersih-bersih BUMN yang dimotori Menteri BUMN Erick Thohir dan bekerja sama dengan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin.

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut korupsi besar di Jiwasraya, ASABRI, dan Garuda berhasil dibongkar, dan pembenahan total telah dimulai.

Selain itu penyelamatan aset negara yang tertunda, seperti kasus BLBI, terus dikejar, dan sudah menunjukkan hasil.

"Demikian juga dengan pemberantasan korupsi juga terus menjadi prioritas utama. Untuk itu, Polri, Kejaksaan, dan KPK terus bergerak," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022.[] (ANTARA)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya