News Kamis, 02 Desember 2021 | 22:12

Erick Thohir Hendak Perkuat Jasa Marga Jadi BUMN Karya untuk Jalan Tol

Lihat Foto Erick Thohir Hendak Perkuat Jasa Marga Jadi BUMN Karya untuk Jalan Tol Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.(Foto:Opsi/Instagram @erickthohir)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir hendak memperkuat Jasa Marga sebagai perusahaan plat merah karya untuk jalan tol.

Hal ini diungkapkan dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Desember 2021.

"Memang untuk ke depannya kita akan memperkuat Jasa Marga sebagai perusahaan karya untuk jalan tol," kata Erick Thohir.

Sementara, BUMN karya lainnya akan dikembalikan kepada khitahnya sebagai perusahaan BUMN karya, apakah fokus ke EPC atau fokus ke pembangunan gedung.

"Kita mau konsolidasikan BUMN-BUMN karya ini menjadi kekuatan tersendiri dengan fokus sendiri, seperti yang kita coba konsolidasikan di perbankan yang mana BRI fokus ke desa dan UMKM, Mandiri fokus ke perkotaan dan korporasi besar, serta juga seperti Telkom dan Telkomsel di mana Telkom lebih kepada B To B dan Telkomsel kepada B To C," ujarnya.

BUMN-BUMN karya ini akan dipetakan oleh Kementerian BUMN. Dia menyebut, Wamen BUMN II Kartika Wirjoatmodjo sudah memiliki data-data lengkap terkait kekuatan dari masing-masing BUMN karya.

Misalnya, sambung Erick, bagaimana Kementerian BUMN akan mengonsolidasikan kantor-kantor BUMN karya yang jumlahnya banyak di luar negeri. Menteri BUMN memandang hal tersebut sebagai pemborosan.

"Waskita punya kantor sendiri, BUMN karya lainnya juga memiliki kantor sendiri, kita sudah minta itu untuk ditutup dan digabung menjadi satu kantor," tuturnya.

"Ini yang kita coba konsolidasikan BUMN-BUMN karya ini menjadi perusahaan BUMN karya yang sehat, memiliki keahlian atau expert, dan juga mempunyai nilai tambah dalam arti ketika mereka melakukan pembangunan," ucap Erick Thohir menambahkan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya