Daerah Selasa, 11 Oktober 2022 | 10:10

Erosi Sungai Babahrot di Abdya Kian Parah, Pemukiman Warga Terancam

Lihat Foto Erosi Sungai Babahrot di Abdya Kian Parah, Pemukiman Warga Terancam Erosi Sungai (Krueng) Babahrot, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Erosi Sungai (Krueng) Babahrot, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh kian mengkhawatirkan.

Jika dibiarkan, dua desa yakni Desa Teladan Jaya dan Simpang Gadeng terancam ambruk ke sungai.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) yang juga ketua DPD NasDem Abdya, Yusran Adek meminta dinas terkait di Provinsi Aceh untuk segera menanganinya.

"Erosinya kian meresahkan, kebun warga terus tergerus aliran sungai. Saat ini badan jalan kabupaten dengan tebing sungai hanya berjarak 20 meter saja," kata Yusran Adek, Selasa, 11 Oktober 2022.

Erosi Sungai (Krueng) Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). (Foto: Opsi/Ist)

Kondisi itu kian parah saat hujan deras melanda kabupaten itu. Debit air yang membesar terus mengeruk daratan. Akibatnya, sungai kian melebar dengan mengeruk lahan warga.

"Ini tidak bisa terus dibiarkan. Kita minta dinas terkait di provinsi segera menindaklanjuti dengan membangun pengaman tebing. Jika terus dibiarkan akan mengancam kseselamatan warga," sebutnya.

Sementara warga setempat, Budian berharap hal yang sama. Dia berujar, penanganan erosi ini tidak boleh dianggap sepele. Katanya, tidak menutup kemungkinan bahwa rumah warga akan ikut menjadi korban erosi sungai itu.

"Jaraknya sudah snagat dekat. Erosi ini semakin parah. Kita berharap pemerintah menanggapi hal ini dengan serius," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya