Hiburan Rabu, 04 Oktober 2023 | 03:10

Festival Budaya Pop Xnation Hadir di M Bloc Fest 2023

Lihat Foto Festival Budaya Pop Xnation Hadir di M Bloc Fest 2023 Suasana konferensi pers M Bloc Fest 2023. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Festival budaya pop, Xnation 2023 bakal digelar di kompleks M Bloc Space pada 11-15 Oktober 2023 mendatang, dengan menghadirkan 100 persen kreator lokal di kancah industri kreatif Indonesia.

Berbicara dalam konferensi pers di Jakarta, kurator program Xnation, Dennis Adhiswara mengatakan bahwa perhelatan Xnation akan menjadi arena yang mempertemukan dan menyatukan berbagai komunitas, profesional, pelaku industri, geeks and nerds hingga kreator dari lini komik, gim, Manajemen kekayaan Intelektual (IP), Animasi, hingga Art Toys atau Mainan Seni yang dibuat oleh seniman atau desainer yang diproduksi sendiri maupun independen.

"Melalui Xnation, kami ingin meramaikan Indonesia dengan komik, animasi, mainan, dan game hingga potensi tertingginya dengan harapan mampu menembus pasar dunia!" ujar Dennis Adhiswara, dikutip Opsi pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Dari seluruh kreator yang terlibat, beberapa nama besar seperti Faza Meonk, Tara Arts, Jasmine Surkatty (komik gajelas), Afa (Tanduk Putih), Bryan Valenza (Beyondtopia), Dion dan Widhi Putra (Ki Gentar).

Selain itu ada pula Pak Kardiman, Aruga (Komikin), Maghfirarre (pengisi market), dan Rhoald Marcellius (The Pumpkin Bear) juga terkonfirmasi akan ikut berpartisipasi dalam gelaran besar ini.

Suasana konferensi pers M Bloc Fest 2023. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Xnation 2023 sendiri merupakan bagian dari perhelatan akbar M Bloc Fest, sebuah festival industri kreatif tahunan yang pada gelaran kali ini dipersembahkan khusus oleh Evoria #ExplorAja menampilkan beberapa bidang seperti musik, seni, desain dan konten yang diadakan oleh M Bloc Entertainment.

Ajang ini sekaligus merayakan hari jadi M Bloc Space yang keempat pada 26 September 2023 lalu sebagai ruang kreatif publik dan melting pot untuk berkegiatan dan berjejaring di Jakarta.

M Bloc Fest yang telah berlangsung sejak 23 September 2023 lalu dan akan berlangsung hingga 15 Oktober 2023 mendatang di M Bloc Space, Jakarta Selatan ini terdiri dari beberapa festival dengan berbagai jenis kegiatan dan turut diramaikan oleh para talenta teranyar hingga kawakan dari berbagai bidang industri kreatif.

Selain Xnation 2023, pada M Bloc Fest gelaran kedua ini juga akan berlangsung secara berturut-turut, festival desain M Bloc Design Week 2023 yang berlangsung sejak 23 September 2023 hingga 8 Oktober 2023, dan M Bloc Music Fest (MBMF) 2023 sepanjang 14 dan 15 Oktober 2023 mendatang.

Baca juga: The Jansen hingga Tabraklari Bakal Berbagi Panggung Bareng Sore di M Bloc Music Fest 2023

Baca juga: Serba-serbi M Bloc Fest 2022, Festival Akbar Industri Kreatif Indonesia

Ada lima venue berbeda di M Bloc Space yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan M Bloc Fest yaitu M Bloc Live House, Evo Corner, Creative Hall, Bloc Bar, dan New M Bloc Outdoor Park. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya