Hiburan Rabu, 02 Maret 2022 | 12:03

Festival Film Cannes Boikot Rusia, Imbas Invasi ke Ukraina

Lihat Foto Festival Film Cannes Boikot Rusia, Imbas Invasi ke Ukraina Festival Film Cannes. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Delegasi resmi pemerintah Rusia dilarang hadir di gelaran acara Festival Film Cannes ke-75 yang bakal berlangsung pada Mei 2022 mendatang. Penolakan, disampaikan panitia penyelenggara sebagai boikot menyusul invasi negara itu ke Ukraina.

Laman Variety melaporkan, dalam pernyataannya pihak penyelenggara memutuskan hal itu sebagai upaya untuk menyalurkan solidaritas kepada masyarakat Ukraina. Boikot akan dicabut jika perang benar-benar segera diakhiri.

"Kecuali perang dapat berakhir dengan kondisi yang akan memuaskan rakyat Ukraina, telah diputuskan bahwa kami tidak akan menyambut delegasi resmi Rusia atau menerima kehadiran siapa pun yang terkait dengan pemerintah Rusia," kata penyelenggara, dikutip Opsi pada Rabu, 2 Maret 2022.

Festival Film Cannes. (Foto: Opsi/Istimewa)

Pihak penyelenggara juga menegaskan bahwa Festival Film Cannes menentang situasi perang serta mengecam sikap Rusia dan para pemimpinnya.

Di sisi lain, pihaknya juga memuji keberanian semua orang di Rusia yang mengambil risiko untuk memprotes agresi dan invasi Ukraina.

Sementara delegasi dari pemerintah Rusia dilarang hadir, pernyataan Festival Cannes menyiratkan bahwa pembuat film individu masih dapat diterima di festival tersebut.

Baca juga: Film The Lost City dan Sonic the Hedgehog 2 Tunda Tayang di Rusia

Baca juga: Warner Bros. Bakal Tunda Perilisan Film The Batman di Rusia

Meski demikian, masih belum jelas apakah film mereka akan dipilih untuk masuk ke kompetisi atau masuk di tempat lain dalam festival tersebut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya