Hiburan Sabtu, 07 Oktober 2023 | 07:10

Festival Musikal Indonesia 2023 Hadirkan Pementasan 5 Judul Bertema Urban Legend

Lihat Foto Festival Musikal Indonesia 2023 Hadirkan Pementasan 5 Judul Bertema Urban Legend Suasana konferensi pers Festival Musikal Indonesia 2023. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Festival Musikal Indonesia (FMI) 2023 dipastikan bakal berlangsung pada 28-29 Oktober di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Keriaan ini, merupakan hasil kerja sama Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) dengan Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) dan Ciputra Artpreneur.

Berbicara dalam konferensi pers di Jakarta, Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ahmad Mahendra, mengaku sangat antusias dengan kembali hadirnya FMI di tahun 2023 ini.

"Festival Musikal Indonesia pertama yang sukses digelar tahun lalu, telah menghidupkan kembali panggung musikal Indonesia setelah pandemi," ucap Ahmad Mahendra, dikutip Opsi pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

"Tahun ini, antusias dari komunitas-komunitas musikal makin besar, terlihat dengan makin banyaknya peserta FMI tahun ini. Kami berharap festival ini dapat berlangsung terus setiap tahun dan semakin berkembang," tuturnya.

FMI 2023 merupakan pertemuan para seniman musikal dengan pecinta musikal dalam sebuah ajang yang menyuguhkan beragam teater musikal yang selama ini mewarnai panggung pertunjukan di Indonesia.

FMI merupakan ajang tahunan, dan tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakannya FMI. Pada penyelenggaraannya tahun ini, FMI mengangkat tema Urban Legend atau Legenda Urban.

Urban Legend adalah kisah yang telah melegenda di perkotaan yang nyaris susah dibedakan antara kenyataan dan hanya cerita isapan jempol di sekitar kita.

Suasana konferensi pers Festival Musikal Indonesia 2023. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Hal baru lain di FMI 2023 juga dimunculkan kehadiran kurator muda yang bertugas mengkurasi penampil serta alur festival. Kurator terdiri dari perwakilan pelaku musikal di Indonesia, yakni Bathara Saverigadi, Chriskevin Adefrid, Josh Marcy, Nala Amrytha dan Nuya Susantono.

Sejumlah karya yang bakal digelar antara lain: Artswara dengan “Perempuan dalam Remang”, Boow Live dengan judul "Ibu", EKI Dance Company membawakan judul `Bangku Kosong`, Swargaloka dengan "Ratapan di Timur Tanah Jawa : Alas Purwo", dan terakhir TEMAN menggelar pentas berjudul "6".

Semua grup mengeksplor tema Urban Legend dalam penyajian yang khas dan memiliki daya tarik tersendiri. Kelima karya di atas akan dipentaskan di auditorium lantai 13 Ciputra Artpreneur.

Masih dalam rangkaian festival, di lantai 11 akan digelar sejumlah showcase musikal dari 13 kelompok yaitu: Askara, Camp Broadway Indonesia, Center Stage Community, Hi Jakarta Production, Jakarta Art House Community Theater, Jakarta Musical Crew , Jakarta Performing Arts Community (JPAC), Metamorphose Production - LSPR PAC, Pump N Jump Academy X Aksi Cinta Indonesia (ACI), Sinar 57, Surabaya Opera Academy, Surabaya Musical Theater Camp, Teater Svatuhari.

Selain menikmati pertunjukan musikal, pengunjung juga dapat menikmati, bahkan ikut berpartisipasi dalam sesi Broadway Open Mic yang diorganisasikan oleh Gigi Art Of Dance.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengikuti talkshow, menikmati pameran dan kuliner nusantara di areal festival. Untuk areal Festival terbuka untuk umum alias gratis.

Sedang untuk menyaksikan pertunjukan Gala di Auditorium disediakan tiket dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Budayawan Sekaligus Pendiri Teater Koma, Nano Riantiarno Wafat

Baca juga: Aulia Sarah Perankan Pocut Limpah di Teater Jalasena Laksamana Malahayati

Tiket One Day Pass dikenakan biaya retribusi sebesar 150.000 rupiah, sedangkan Two Days Pass 250.000 rupiah. Tiket Pertunjukan Gala FMI 2023 bisa didapatkan di www.bookmyshow.com mulai Kamis, 5 Oktober 2023 pk.20.00 WIB. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya