Daerah Senin, 11 Juli 2022 | 21:07

Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022 di Humbang Hasundutan

Lihat Foto Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022 di Humbang Hasundutan Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022 diluncurkan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, Senin, 11 Juli 2022. (Foto: Diskominfo Humbahas)
Editor: Tigor Munte

Doloksanggul - Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, menggelar festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022. Digelar mulai 11 Juli-30 Juli 2022 mendatang.

Kabupaten ini dikenal memiliki potensi sejarah, budaya, dan wisata alam. Dari sisi wisata sejarah, di daerah ini berdiri Istana Raja Sisingamangaraja.

Ada pula Tombak Sulu-Sulu, Aek Sipangolu, Hariara Tukkot, Markas Pertahanan Raja Sisingamangaraja XII dan lainnya.

Wisata alam juga banyak, seperti Geosite Sipinsur, Lembah Bakara, Sileme-leme, Seribu Goa, dan perkebunan kopi.

Humbang Hasundutan pun memiliki kearifan lokal berupa Marsiruppa Sihali Aek di Desa Tipang, Perkampungan Tua, Rumah Adat, Sarkofagus, Arung Jeram, Tubing, Susur Goa, dan Trekking.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor meluncurkan Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022 di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul, Senin, 11 Juli 2022.

Baca juga:

Ayo ke Desa Wisata di Humbang Hasundutan, Kampung Kelahiran Sisingamangaraja

Bupati Dosmar Banjarnahor dalam sambutan yang dibacakan Sekda Tonny Sihombing menyampaikan, Kawasan Danau Toba memiliki ragam potensi wisata dan budaya yang layak untuk dipromosikan ke seluruh dunia.

Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai bagian dari Kawasan Danau Toba memiliki potensi itu.

Salah satu promosi potensi pariwisata kata dia, dilakukan dengan pelaksanaan event seperti Festival Raja Sisingamangaraja. Festival ini akan diisi pagelaran seni budaya, festival budaya dan olahraga.

Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jakkon Marbun menyebut, event ini digelar untuk menetapkan dan mempromosikan Festival Raja Sisingamangaraja sebagai Calender of Event (COE) Pariwisata dan Budaya Kabupaten Humbang Hasundutan.

Disebutnya, launching festival dilaksanakan Senin, 11 Juli 2022 dan puncak kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 30 Juli 2022 di Geosite Sipinsur. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya