Daerah Selasa, 26 Juli 2022 | 11:07

Festival Sandeq 2022 Mendapat Dukungan BSI, Akmal: Event Kebanggaan Sulbar

Lihat Foto Festival Sandeq 2022 Mendapat Dukungan BSI, Akmal: Event Kebanggaan Sulbar Festival Sandeq di Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto: Ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Festival Sandeq 2022 yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) mendapat dukungan dari Bank Syariah Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Komisaris Independen BSI, Arief Rosyid Hasan, saat bertemu dengan Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Akmal Malik, di Jakarta, Senin, 25 Juli 2022 tadi malam.

Pada pertemuan itu, Arief Rosyid mengungkapkan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq yang akan digelar akhir tahun ini di Mamuju, Sulbar.

"Secara keseluruhan, kami siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq 2022 dan juga membangun kerja sama strategis khususnya di bidang ekonomi syariah dengan Pemprov Sulbar yang saat ini dipimpin pak Akmal," kata Arief Rosyid.

Menanggapi hal tersebut, Akmal Malik mengungkapkan, BSI sebagai salah satu lembaga keuangan terkemuka sudah menyatakan siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq 2022.

"Support ini akan sangat membantu upaya menyukseskan Festival Sandeq yang merupakan kebanggaan masyarakat Sulbar," kata Akmal Malik.

Ia juga mengungkapkan, sebanyak 34 perahu Sandeq yang ikut dalam festival tersebut, akan berlayar mengarungi selat Makassar.

"Ini merupakan simbol jumlah provinsi di Indonesia dan merupakan wujud kalau Indonesia mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara," katanya.

Pada kesempatan pertemuan antara Akmal Malik dan Arief Rosyid, juga membahas tentang rencana kerja sama antara BSI dan Pemprov Sulbar untuk membangun ekositem ekonomi syariah di Sulbar dengan melibatkan kalangan milenial sebagai generasi terdepan dalam pembangunan.

Diketahui, Festival Sandeq 2022 akan mengambil rute dari Mamuju, Sulbar, menuju Ibu Kota Negara (IKN).

Pembukaan festival perahu tercepat tanpa mesin di dunia itu diagendakan pada bulan September 2022 sambil menunggu informasi cuaca dari BMKG.

Simbolisasi dukungan 34 provinsi untuk pembangunan IKN itu dibungkus dengan budaya mandar melalui Festival Sandeq.

Akmal menjelaskan, kearifan lokal budaya Mandar sangat bagus sebagai simbol hubungan Indonesia terhadap IKN.

"Event sandeq race pada festival ini akan diikuti 34 peserta dengan rincian 20 Sandeq lomba, 10 Sandeq pallarung dan 4 Sandeq parroppong. Ada enam etape yang dilalui mulai dari Tanjung Silopo di Polman hingga finis di Balikpapan Super Blok (BSB) di Balikpapan, Kalimantan Timur dengan membelah Selat Makassar," kata Akmal.

Pihak panitia pelaksana diketahui juga melakukan koordinasi dengan Angkatan Laut RI untuk menyiapkan dua kapal mengawal pada Pa`sandeq ketika melintasi Selat Makassar.

Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan Pa`sandeq sebagai syarat utama kegiatan Festival Sandeq 2022 ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya