Daerah Rabu, 31 Agustus 2022 | 10:08

Festival Sandeq Sulbar 2022 Dibuka dengan Ritual dan Pelepasan 1000 Lampion

Lihat Foto Festival Sandeq Sulbar 2022 Dibuka dengan Ritual dan Pelepasan 1000 Lampion Pelepasan lampion tanda dibukanya Festival Sandeq Sulbar 2022. (Foto: Opsi/ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Polman - Festival Sandeq Sulawesi Barat (Sulbar) 2022 dibuka dengan ritual Walasuji dan pelepasan seribu lampion di Pantai Tanjung Silopo, Polewali Mandar (Polman), Sulbar, Selasa, 30 Agustus 2022 tadi malam.

Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Akmal Malik mengungkapkan, Festival Sandeq 2022 sebagai bentuk kolaborasi dalam menyukseskan suatu kegiatan tanpa mengandalkan APBD.

"Saya kagum mahakarya maritim Indonesia. Ini mahakarya yang tidak dimiliki daerah lain," kata Akmal.

Sementara itu Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar mengungkapkan, perlombaan perahu sandeq hampir tiga tahun vakum, akibat pandemi Covid-19.

"Namun dengan dilaksanakannya kembali tahun ini, telah mengobati kerinduan masyarakat," kata Andi Ibrahim.

Sehingga, Ia berpesan, agar para peserta (passandeq) menganggap Festival Sandeq bukan semata perlombaan, melainkan ajang silaturahmi.

"Kita berlomba dengan penuh rasa kecintaan kita terhadap Sulbar. Saya harap, agar berlomba dengan sportif. Ini bukan semata lomba melainka silaturahmi yang hampir tiga tahun tidak terlaksana," katanya.

Untuk diketahui, acara pembukaan akan dilanjutkan dengan pelepasan peserta Festival Sandeq (passadeq) di Pantai Tanjung Silopo, Rabu 31 Agustus 2022.

Rutenya yakni Pantai Banggae, Pantai Palipi, Pantai Deking, Pantai Manakarra.

Selanjutnya transit di Pulau Ambo dan Pulau Salissingan hingga finish di Pantai Manggar, Kalimantan Timur, Jumat, 9 September 2022 mendatang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya