Pilihan Sabtu, 09 Juli 2022 | 17:07

Festival Seni ArtJog 2022 di Yogyakarta, Ajakan untuk Merefleksi Diri

Lihat Foto Festival Seni ArtJog 2022 di Yogyakarta, Ajakan untuk Merefleksi Diri ArtJog 2021. (Foto: Dok Kemenparekraf)
Editor: Tigor Munte

Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal karena berbagai festival seninya. Salah satunya adalah ArtJog.

Pameran seni ini mulai diadakan sejak tahun 2008. Ratusan karya dari seniman dalam dan luar negeri udah pernah dipamerkan di event ini. 

Pada 7 Juli sampai 4 September 2022, ArtJog 2022 siap hadir lagi di Jogja National Museum (JNM).

Pameran seni ini bakal mengajak kita refleksi diri lewat tema “Expanding Awareness”.

Pada tahun 2019 silam, ArtJog mengenalkan satu tema besar "Arts in Common"? Tema itu kemudian diturunkan dalam tiga sub tema yang dipresentasikan dalam tiga edisi festival. 

Ada Common|Space (2019), Time (to) Wonder (2021), dan edisi yang terakhir adalah Expanding Awareness (2022).

Menurut bocoran dari tim kurator ArtJog 2022, festival seni rupa kontemporer ini akan fokus pada segala sesuatu yang ada kaitannya dengan kesadaran. 

Jadi, kita bakal diajak buat refleksi diri. Para seniman bakal berkreasi, berimajinasi, dan berkarya melalui berbagai macam media yang bisa menggugah kesadaran kita soal berbagai macam masalah aktual sekaligus menumbuhkan optimisme. 

Edisi kali ini juga bakal mengupayakan inklusivitas sekaligus mendorong kesenian sebagai media untuk melampaui berbagai batasan yang ada. 

Heri Pemad, pendiri ArtJog, menyampaikan kalau event seni ini ingin mengambil andil kecil dalam menyoroti kembali pentingnya kontribusi kesenian terhadap kesadaran kebersamaan.  

Event yang berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ini membuka kesempatan bagi para seniman untuk memamerkan karyanya lewat open call application. 

Yang selalu ditunggu-tunggu juga adalah program Special Project. Satu atau dua seniman diundang secara khusus untuk mempresentasikan karya yang mewakili tema ArtJog.

Ada juga program untuk memberikan apresiasi dan penghargaan untuk seniman muda yang usianya di bawah 35 tahun, yakni Young Artist Award. 

ArtJog 2021. (Foto: Kemenparekraf)

Kalau kamu mengikuti ArtJog, kamu pasti tahu tentang art care. Ini adalah program penjualan karya seni yang didedikasikan buat aktivitas sosial. 

Enggak cuma jadi wadah buat para seniman berkarya, ArtJog 2022 siap memberikan program yang edukatif juga. 

Ada kegiatan exhibition tour dan meet the artist. Satu lagi kegiatan yang juga selalu ditunggu, yakni daily performance. Di panggung tersebut, seni musik, teater, tari, dan lainnya bakal ditampilkan.

Program-program yang keren itu sengaja disiapkan buat bikin semua pengunjung terkesan dan dapat banyak pengalaman seru. 

Kemasan event yang menarik juga diharapkan bisa menggaet banyak wisatawan buat datang ke Yogyakarta sehingga mendorong bangkitnya perekonomian lewat sektor pariwisata.

Mengingat lagi ArtJog MMXXI yang mengangkat tema “Time (to) Wonder”, ArtJog 2021 dilaksanakan secara daring pada pada 8 Juli sampai 31 Agustus 2021. 

Event ini jadi salah satu hiburan saat PPKM darurat sedang diberlakukan di berbagai daerah di Indonesia. 

Tanpa keluar rumah, para penikmat seni tetap bisa menikmati berbagai macam karya dari 41 seniman berbakat Indonesia melalui kanal YouTube, media sosial @artjog.id, maupun di website ArtJog.

Beberapa seniman yang karyanya dipamerkan di Jogja National Museum, antara lain Citra Sasmita, Entang Wiharso, Enka Komariah, FX Harsono, J. Ariadhitya Pramuhendra, dan Jompet Kuswidananto (commissioned artist).  

Dengan tema "Time (to) Wonder", pameran ArtJog juga dimeriahkan dengan berbagai acara pendukung. Ada Young artist award, exhibition tour, meet the artist, daily performance, dan art care. [Kemenparekraf]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya