News Selasa, 04 April 2023 | 09:04

FIFA Batalkan Peru Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Indonesia Berpeluang Gantikan

Lihat Foto FIFA Batalkan Peru Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Indonesia Berpeluang Gantikan Piala Dunia U-17. (Foto: FIFA)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Secara resmi FIFA membatalkan status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Infrastruktur penyebabnya.

Piala Dunia U-17 rencananya belangsung pada November hingga 2 Desember 2023.

Peru memenangkan bidding negara host dalam pertemuan FIFA di Shanghai tahun 2019 lalu.

Sedianya turnamen ini berlangsung pada 2021 lalu, namun dimundurkan akibat pandemi Covid-19.

Hal serupa juga terjadi pada Piala Dunia U-20 yang diundur ke tahun 2023.

Peru gagal menyiapkan infrastruktur walau sudah lewat empat tahun setelah dinyatakan sebagai host.

FIFA akhirnya menganulir status tuan rumah negara Amerika Latin itu, pada Senin 3 April 2023 malam.

"FIFA dengan menyesal telah mencabut hak tuan rumah Peru untuk FIFA U-17 World Cup 2023 setelah diskusi ekstensif antara FIFA dan Federasi Sepak Bola Peru (FPF)," isi pernyataan resmi FIFA.

"Turnamen tetap dijadwalkan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023, tetapi Biro Dewan FIFA sekarang akan menunjuk tuan rumah baru pada waktunya," sambungnya.

"Langkah ini dilakukan mengingat ketidakmampuan negara tuan rumah memenuhi komitmennya untuk melengkapi infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen."

"Meskipun hubungan kerja yang sangat positif antara FIFA dan FPF, telah ditentukan bahwa sekarang tidak ada cukup waktu untuk mengamankan investasi yang diperlukan dan menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan dengan pemerintah Peru sebelum tanggal dimulainya turnamen," FIFA mengungkapkan.

Padahal sebelumnya FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Kabarnya, kini Indonesia siap mengajukan diri menggantikan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah terbang ke Eropa untuk meloby FIFA. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya