News Kamis, 06 April 2023 | 22:04

FIFA Resmi Berikan Sanksi ke Indonesia, Erick: Kita Tidak Dikasih Kartu Merah

Lihat Foto FIFA Resmi Berikan Sanksi ke Indonesia, Erick: Kita Tidak Dikasih Kartu Merah Erick Thohir dan Presiden FIFA. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Badan sepak bola dunia atau FIFA akhirnya memberikan sanksi kepada Indonesia pasca pencoretan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Sanksi tersebut diperoleh setelah Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Sanksi tersebut menurut Erick Thohir, hanya sanksi administrasi. Indonesia terhindar dari sanksi berat. 

Menurut Erick, Indonesia terhindar dari sanksi pengucilan dari sepak bola dunia. 

"Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning, tidak kartu merah," ujar Erick, yang tengah berada di Paris, Prancis, Kamis, 6 April 2023.

BACA JUGA: Erick Thohir Bawa Surat Presiden FIFA ke Jokowi

Erick menambahkan, dirinya mendatangi FIFA sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk melakukan negosiasi sekaligus mempresentasikan kepada FIFA blueprint transformasi sepak bola Indonesia. 

Saat bertemu Gianni Infantino, Erick juga menjabarkan komitmen pemerintah Indonesia dalam merenovasi 22 stadium yang dapat dipakai untuk kegiatan tim nasional dan liga.

BACA JUGA: FIFA Batalkan Peru Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Indonesia Berpeluang Gantikan

"Setelah saya menyampaikan pesan Presiden Jokowi, dan menjelaskan cetak biru sepak bola kita, FIFA hanya memberikan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI. Hal itu akan direview kembali setelah FIFA mempelajari strategi besar pengembangan sepak bola Indonesia," tambahnya.

Bagi Erick sanksi administrasi yang diberikan FIFA di satu sisi merupakan sebuah pembelajaran dan berkah bagi sepak bola Indonesia yang saat ini terus berbenah menuju perbaikan di semua sektor.

"Saya sudah berusaha maksimal saat bertemu dengan FIFA. Dengan sanksi ini, kita masih terus melanjutkan program transformasi sepak bola bersama FIFA. Dengan sanksi ini, kita tidak dikasih kartu merah, tapi kartu kuning sehingga kita bisa bermain dan berkompetisi di SEA Games pada akhir bulan ini," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya