Hiburan Jum'at, 29 April 2022 | 02:04

Film Doctor Strange 2 Ditolak Tayang di Arab Saudi Gegara America Chaves

Lihat Foto Film Doctor Strange 2 Ditolak Tayang di Arab Saudi Gegara America Chaves Poster film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. (Foto: Marvel)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness rilisan rumah produksi Marvel Entertainment, terancam ditolak tayang di Arab Saudi lantaran polemik tokoh America Chaves.

Laman CBR melaporkan, karakter America Chaves alias Miss America, merupakan tokoh yang dikisahkan memiliki dua orang ibu. Hal ini muncul dalam agedan film Doctor Strange 2 sepanjang 12 detik.

Nawaf Alsabhan selaku pengawas lembaga sensor film Arab Saudi menyatakan bahwa film Doctor Strange 2 akan sulit diloloskan ke negara mereka karena sebuah adegan yang dicap kontroversial oleh pemerintah setempat.

Nawaf mengatakan, sebagai negara konservatif, adegan yang dipermasalahkan tentunya tak jauh-jauh dari penggambaran asmara dua tokoh sesama jenis.

"Tokoh America Chavez punya dua orang ibu, akan sulit meloloskan film dengan elemen seperti ini," kata Nawaf, dikutip Opsi pada Jumat, 29 April 2022.

Poster film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. (Foto: Marvel)

Kendati begitu, Nawaf sejauh ini meyakinkan publik bahwa film Doctor Strange in the Multiverse of Madness masih punya kesempatan untuk tayang di negaranya.

Mengenai hal itu, kata Nawaf, Marvel hanya perlu mengikuti aturan setempat dan menghapus adegan cinta sesama jenis berdurasi 12 detik yang menjadi masalah.

"Sebuah penyuntingan mudah, tapi sejauh ini Disney masih menolak. Kami belum menutup pintu," ujar Nawaf Alshaban.

Polemik pelarangan penayangan serupa di Arab Saudi pernah terjadi pula untuk film Marvel yang lain, yakni Eternals.

Baca juga: Anak Wanda Maximoff Muncul di Trailer Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Baca juga: Jadi Film Lebaran, Gara-Gara Warisan Siap Saingi Doctor Strange 2

Kala itu, pihak Marvels Studios enggan memotong adegan cinta sesama jenis di film Eternals. Alhasil, film itu dilarang tayang di Arab Saudi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya