Hiburan Jum'at, 04 Maret 2022 | 17:03

Film Dokumenter Sejarah K-Pop Bertajuk Suatu Debut, Musisi Pengubah Era Dirilis

Lihat Foto Film Dokumenter Sejarah K-Pop Bertajuk Suatu Debut, Musisi Pengubah Era Dirilis Poster film dokumenter Suatu Debut, Musisi Pengubah Era. (Foto: KCC Indonesia)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Pusat kebudayaan Korea Selatan atau Korean Cultural Center (KCC) Indonesia, bakal merilis satu film dokumenter bertajuk Suatu Debut, Musisi Pengubah Era. Film ini, bakal mengungkap tentang cikal bakal dan sejarah musik K-Pop dan perkembangannya.

Dalam keterangan tertulisnya, KCC mengatakan bahwa musik K-Pop berasal dari genre pop yang mendunia lebih dulu.

"Musik pop Korea adalah cikal bakal K-Pop," kata KCC, dikutip Opsi pada Jumat, 4 Maret 2022.

"Sebagai upaya untuk memperkenalkan sejarah perkembangannya kepada masyarakat Indonesia, Korean Cultural Center Indonesia ingin menunjukkan bahwa kesuksesan K-Pop—konten pokok dari Hallyu saat ini—bukanlah suatu kebetulan belaka," ujar mereka.

 Boyband BTS. (Foto: Big Hit Music)

Film ini diluncurkan KCC Indonesia bersama Korean Culture and Information Service (KOCIS), Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia Business Center, dan Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta.

Hal ini merupakan wujud perkembangan pesat dari kekuatan budaya dan seni populer Korea yang telah terkumpul selama hampir 100 tahun.

Film dokumenter berjumlah empat episode ini merupakan dokumentasi musik berisi wawancara dengan artis utama Korea mengenai momen penting dalam 100 tahun sejarah musik pop Korea.

Film ini ditayangkan di Jakarta (25-27 Maret), Bandung (4-5 Maret), Yogyakarta (12 Maret), Surabaya (19 Maret) dan Medan (2 April).

Acara ini diadakan dalam format penayangan film keliling yang bertempat di bioskop CGV, di kota-kota besar Indonesia.

 Taeyeon SNSD. (Foto; SM Town)

Episode pertama film dokumenter ini berjudul Kelahiran Musik Pop, dilanjutkan dengan episode dua Lagu, Sayap dari Kebebasan, ketiga Pas Sesuai Selera dan yang terakhir, Kelahiran Generasi Baru.

Film dokumenter tersebut memuat kisah latar belakang tiap era, juga pembinaan dan gambaran jelas penyanyi serta pihak-pihak yang terlibat dalam musik pop Korea.

Baca juga: Playlist K-Pop Daebak di Spotify Hadir Lagi dengan Nama K-Pop On!

Baca juga: Eka Gustiwana X Sara Fajira Rilis Push It Down, OST Film Dokumenter Indonesia Esport Legends

Penayangan film ini gratis dan penonton hanya perlu mendaftar dan mendapat konfirmasi menonton empat episode film dokumenter sepanjang empat jam. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya