Hiburan Kamis, 10 November 2022 | 00:11

Film Sang Pemula Dirilis di Momen Hari Pahlawan Nasional 2022

Lihat Foto Film Sang Pemula Dirilis di Momen Hari Pahlawan Nasional 2022 Suasana konferensi pers film Sang Pemula. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Yayasan Priatman Untuk Negeri yang diprakarsai oleh Mirza Whibowo Soenarto, resmi merilis film pendek berjudul Sang Pemula, lengkap dengan original soundtrack (OST) bertajuk sama, pada momen Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2022.

Film pendek Sang Pemula bercerita tentang kisah seorang pahlawan Nasional yang bernama R.M Tirto Adhi Soerjo, yang merupakan kakek buyut dari Mirza Whibowo Soenarto.

Tirto dikenal sebagai Bapak Pers Nasional berkat kontribusi dan dedikasinya terhadap dunia jurnalistik Tanah Air.

Pada era penjajahan, Tirto memperjuangkan suara-suara rakyat kecil dan berkorban agar seluruh masyarakat Indonesia bisa bebas mengeluarkan aspirasi dan juga pendapat.

Semasa hidupnya, Tirto terus berupaya menyuarakan hak-hak rakyat yang pada saat itu terus ditekan oleh penjajah.

Mirza Whibowo Soenarto sebagai Ketua Pembina Yayasan Priatman untuk Negeri mengatakan bahwa Yayasan Priatman Untuk Negeri mempersembahkan film pendek ini untuk kakek buyutnya yang telah mendedikasikan hidupnya bagi Tanah Air.

"`Sang Pemula` menjadi julukan yang sarat akan makna, melalui julukan itulah kami melihat Tirto sebagai inisiator dalam dunia pers dan jurnalistik di Indonesia," kata Mirza, dikutip Opsi pada Kamis, 10 November 2022.

"Kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa menapak tilas bagaimana perjuangan Tirto Adhi Soerjo di masa silam dalam menyuarakan hak berpendapat. Pengorbanan yang dilakukan Tirto, perlahan berhasil membuat masyarakat Indonesia pada masa itu terbuka pikirannya dan berani dalam berpendapat," tutur dia.

Penyanyi Once Mekel berbicara saat konferensi pers film Sang Pemula. (Foto: Istimewa)

Film pendek berdurasi 12 menit ini digarap oleh dua sineas muda Surya Penny & Senry Alvin yang tergabung dalam grup Juyama.

Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris yaitu Muhammad Abe yang memerankan tokoh Tirto, serta Ardina Rasti yang berperan sebagai Rana yang merupakan seorang dosen jurnalistik yang tertarik dengan isu-isu sejarah di masa lalu.

Selain peluncuran film pendek, Mirza Whibowo Soenarto juga meluncurkan lagu yang dijadikan OST berjudul Sang Pemula. Lagu ini dinyanyikan oleh musisi Once Mekel.

"Kami ingin mengajak seluruh masyarakat khususnya #GenerasiBerbagi untuk menyaksikan film inspiratif ini," tuturnya.

"Tentunya kami berharap film ini dapat menginspirasi seluruh penonton yang menyaksikan nantinya," kata Mirza.

Film pendek Sang Pemula dirilis perdana secara serentak pada tanggal 10 November di saluran YouTube Priatman Untuk Negeri.

Baca juga: Ketua PBNU Puji Pesan Cerita di Film Nariti: Romansa Danau Toba

Baca juga: Yasonna Laoly Dukung Film Nariti yang Angkat Potensi Wisata Danau Toba

Sementara single Sang Pemula yang dinyanyikan Once Mekel, sudah dapat dinikmati di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya