Daerah Kamis, 04 Agustus 2022 | 21:08

Gajah Liar Merusak Gubuk dan Tanaman Sawit Petani di Aceh Timur

Lihat Foto Gajah Liar Merusak Gubuk dan Tanaman Sawit Petani di Aceh Timur Penampakan gajah liar di perkebunan warga Aceh. (Foto: Opsi/istimewa).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Kawanan Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) liar mengobrak-abrik perkebunan dan gubuk warga di Desa Alue Geunteng, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Kepala Desa, Alue Geunteng, Jauhari mengatakan, kawanan gajah awalnya terlihat masuk perkebunan warga di Dusun Gunong Putoh, Desa Aleu Geunteng pada, Selasa, 2 Agustus 2022. Kemudian merusak tanaman sawit muda yang sudah berbuah.

"Gubuk di dalam kebun juga ikut di obrak-abrik," kata Jauhari, Kamis, 4 Agustus 2022.

Terpisah, warga lain berbama A Muin, mengatakan, gajah ini juga masuk ke kebun sawit dan ladang pertanian warga di Desa Sri Mulya, Kecamatan Peunarun, Aceh Timur. Mereka merusak tanaman Kakao, Pisang, Pinang, Karet, Sawit, dan lainnya.

"Alhasil tanaman warga rusak. Kami memperkirakan ada dua kelompok gajah yang masuk," jelasnya.

Kawanan satwaitu kata dia, masuk perkebunan warga pada malam hari dan setelah itu kembali masuk hutan yang tidak jauh dari perkebunan warga saat siang hari.

"Pasca amukan gajah banyak warga yang memilih untuk tidak beraktivitas di kebun karena khawatir dengan keselamatan mereka," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya