News Senin, 20 Desember 2021 | 15:12

Gandeng BUMN, Rafli Sosialisasi Pemulihan Ekonomi Nasional di Aceh

Lihat Foto Gandeng BUMN, Rafli Sosialisasi Pemulihan Ekonomi Nasional di Aceh Anggota Komisi VI DPR RI, Rafli menggelar kegiatan sosialisasi kepada sejumlah pemuda dan pelaku UMKM di Kawasan Menasah Manyang, Kabupaten Aceh Beser, Senin, 20 Desember 2021.(Foto:Opsi/Istimewa)

Banda Aceh - Anggota Komisi VI DPR RI, Rafli menggelar kegiatan sosialisasi kepada sejumlah pemuda dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kawasan Menasah Manyang, Kabupaten Aceh Besar, Senin, 20 Desember 2021.

Dalam rangka mendukung upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), anggota DPR RI asal Aceh ini bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Acara bertemakan "BUMN sebagai Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional" ini menghadirkan pemateri dari unsur akademik Talbani Farlian dan Ferry Hariawan yang merupakan Ketua Himpunan Pekerja BUMN Aceh.

Sambutan resmi Anggota DPR RI Rafli, dibacakan oleh Tenaga Ahli Komisi VI DPR RI, Mustafa Ali.

Rafli mengatakan, peran BUMN sebagai lokomotif pemulihan ekonomi dengan memprioritaskan UMKM sangatlah penting.

Dia berharap, Kementerian BUMN dapat mengerahkan perusahaan pelat merah lainnya dalam membantu masyarakat di Aceh.

"Kita mendukung kontribusi BUMN di Aceh dan berharap Kementerian BUMN dapat melibatkan UMKM dalam banyak lini usaha baik pengadaan barang dan jasa di BUMN sehingga serapannya maksimal, ataupun lainnya," kata Rafli.

Melalui kegiatan sosial ini, lanjut Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, mereka ingin menawarkan strategi yang berdampak positif bagi masyarakat.

"Melalui kegiatan sosialisasi ini kita mencoba tawarkan strategi peningkatan secara menyeluruh agar dapat mewujudkan kontribusi investasi, sehingga dampak multiplier effect-nya juga akan sangat besar untuk rakyat dan negara," ucap Rafli.

Sementara, Ferry Hariawan menyebut peran pemulihan bisa dilakukan dengan mensubsidi kebutuhan masyarakat melalui sejumlah perusahaan BUMN, seperti Pegadaian, PLN, dan kuota data internet seluler melalui Telkomsel.

"Himpunan Bank Negara (Himbara) juga telah melakukan restrukturisasi kredit UMKM dan korporasi dengan total nilai sebesar Rp 441 triliun pada 2020, Bulog juga berperan," katanya.

"Secara umum dampak pandemi corona pada setiap sektor usaha memang berbeda. Covid-19 memiliki pengaruh minimal pada sektor kesehatan dan telekomunikasi. Namun dampaknya cukup besar pada sektor konstruksi dan transportasi. Ini juga terus diupayakan pemulihannya sebagai peran BUMN," ujar Ferry menambahkan.

Diketahui, anggota DPR RI Rafli hadir dalam kegiatan itu melalui virtual Zoom. Sementara hadir secara fisik ada Ferry Hariawan, Talbani Farlian, Tenaga Ahli Komisi VI Mustafa Ali Woyla, serta sekitar seratusan pemuda dan pelaku UMKM yang terlibat dalam kegiatan sosialisasi dan diskusi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya