News Selasa, 26 April 2022 | 14:04

Ganjar Pranowo Capres Teratas di Survei Terbaru Indikator Politik Indonesia

Lihat Foto Ganjar Pranowo Capres Teratas di Survei Terbaru Indikator Politik Indonesia Ganjar Pranowo saat bersama warga. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lagi-lagi unggul sebagai calon presiden di survei terbaru Indikator Politik Indonesia, yang dirilis Selasa, 26 April 2022.

Mirip dengan hasil survei Charta Politika Indonesia yang rilis Senin, 25 April 2022, tiga nama menempati elektabilitas tertinggi, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyampaikan langsung hasil survei lembaganya. 

Survei nasional dilakukan periode 14-19 April 2022, memotret kinerja pemerintahan, prospek parpol dan capres 2022.

Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Baca juga:

Rajin Keliling, Sandiaga Uno Masuk Bursa Cawapres Teratas Versi Survei

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel basis sebanyak 1.220 orang.

Memiliki toleransi kesalahan sekitar 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. 

Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka langsung oleh pewawancara yang telah dilatih.

Temuan survei terhadap pilihan calon presiden, jika pemilihan presiden diadakan saat survei dilakukan, Ganjar Pranowo mendapat dukungan 26,7 persen, menyusul Prabowo Subianto 23,9 persen, dan Anies Baswedan 19,4 persen

"Simulasi 19 nama semi terbuka, Ganjar 26.7 persen, Prabowo 23.9 persen, dan Anies Baswedan 19.4 persen. Nama lain masih di bawah 10 persen," kata Burhanuddin. [] 



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya