News Kamis, 15 Desember 2022 | 15:12

Ganjar Pranowo Kembali Bawa Jateng Menjadi Provinsi Terbaik untuk Kelima Kalinya

Lihat Foto Ganjar Pranowo Kembali Bawa Jateng Menjadi Provinsi Terbaik untuk Kelima Kalinya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Opsi/Humas Jateng).

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo kembali membawa Jateng sebagai pemerintah provinsi terbaik dalam keterbukaan informasi publik dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

Ganjar Pranowo menerima anugerah itu di Hotel Atria Serpong, Tangerang, Banten, Rabu, 14 Desember 2022.

Jawa Tengah meraih anugerah keterbukaan informasi publik ini untuk kelima kalinya di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo.

Penganugerahan di tahun 2022 ini, diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

Pada penganugerahan ini, Ganjar mengungkap rahasianya sehingga mampu meraih nilai nyaris sempurna tersebut.

Ia mengungkapkan, hal itu lantaran adanya komitmen memperbaiki diri dan mempublikasikan informasi di luar indikator komisi informasi.

"Kami mencoba memberikan informasi yang tidak masuk dikriteria, dan itu kekinian. Apa itu? Medsos (media sosial), kata Ganjar seperti dikutip pada Kamis, 15 Desember 2022.

Hal itu pun sesuai dengan yang disampaikan Menko Polhukkam Mahfud MD dalam sambutannya bahwa media sosial menjadi modal badan publik memulai mengelola keterbukaan informasi dengan baik.

"Tidak boleh ada yang ditutup-tutupi. Orang boleh nutupin seperti apa pun, tapi kalau video sudah ditempel (posting) ke objeknya maka semua akan jadi terbuka. Tidak usah risi kalau kita bersih," ujar Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar menyebut capaian Pemprov Jawa Tengah ini tidak akan terjadi tanpa kerja keras para ASN-nya. Ia mengatakan, penganugerahan ini adalah bukti dari komitmen Pemprov Jateng.

"Alhamdulillah hari ini mencapai puncaknya. Lima kali berturut-turut, menurut saya ini pertunjukkan komitmen dari kawan-kawan di Pemprov Jawa Tengah untuk membuka informasi seluas-luasnya," ucapnya.

Sejak 2018, Ganjar Pranowo selalu membawa Jawa Tengah menjadi juara pertama dan provinsi terbaik nasional keterbukaan informasi publik.

Baca juga: Wacana Duet dengan Ganjar di Pilpres, Erick Mengaku Fokus Jadi Pembantu Jokowi

Baca juga: Sudah Dipraktikkan di 23 SMA/SMK di Jateng, Ganjar Sebut Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Efektif

Kemudian tahun 2019, Jawa Tengah kembali mendapat predikat sebagai provinsi paling informatif. Tradisi baik sebagai provinsi informatif itu dilanjutkan pada tahun 2020 dan tahun 2021.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya