News Rabu, 19 Oktober 2022 | 11:10

Ganjar Pranowo Nyatakan Siap Maju Capres Pemilu 2024

Lihat Foto Ganjar Pranowo Nyatakan Siap Maju Capres Pemilu 2024 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Opsi/Humas Pemprov Jateng).

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan diri siap menjadi calon presiden atau capres pada Pemilu 2024 mendatang. Kesiapan menjadi capres, menurutnya, dilakukan demi bangsa dan negara.

"Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," kata Ganjar dalam sebuah wawancara di televisi nasional dikutip Rabu, 19 Oktober 2022.

Nama Ganjar kerap disebut-sebut oleh sejumlah lembaga survei memiliki elektabilitas tinggi untuk menjadi Capres pada Pemilu 2024, bersaing dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan semua anggota partai harus siap jika memang diusung menjadi calon presiden. Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini menyebut setiap partai pasti memilih anak-anak bangsa terbaik yang bisa memimpin Indonesia ke depan.

"Ketika partai sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya semua orang mesti siap soal itu," ujarnya.

Dalam hal ini Ganjar menekankan pentingnya etika politik saat bernaung di suatu partai. Di samping itu, kata Ganjar, suara rakyat juga menjadi pertimbangan partai dalam menentukan calon pemimpin bangsa.

"Maka kenapa di awal sebagai etik politik tentu saja kami sangat menghormati satu PDI Perjuangan sebagai partai saya, dua relasi yang dibangun oleh partai-partai yang sekarang sedang berbincang dan yang kedua tentu terkait dengan realitas yang ada di survei dan kemudian semua orang memperbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan," ucapnya.

Maka itu, Ganjar memilih untuk memberikan kesempatan kepada partai untuk berdialog dan berkomunikasi untuk menentukan capres yang akan diusung. Menurut Ganjar, dialog dan komunikasi itu dilakukan menciptakan keputusan terbaik.

"Realitas survei yang memang itu ada. Maka biarkanlah kita kasih kesempatan kepada partai yang menentukan untuk mereka berdialog, mereka berkomunikasi, untuk mengambil yang terbaik. Simpel kan," kata Ganjar Pranowo. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya