News Kamis, 16 Desember 2021 | 22:12

Ganjar: Omicron Sudah Masuk Indonesia, Jateng Siapkan Langkah Antisipasi

Lihat Foto Ganjar: Omicron Sudah Masuk Indonesia, Jateng Siapkan Langkah Antisipasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Opsi/Screenshot Twitter @ganjarpranowo)
Editor: Yohanes Charles

Semarang - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan Pemprov Jateng telah menyiapkan langkah sejak awal guna mengantisipasi masuknya Covid-19 varian Omicron.

Hal ini dikatakan orang Ganjar sapaan karib Ganjar Pranowo melalui akun Twitter pribadinya. Menurut politisi PDIP ini pada masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, selain pengetatan, pihaknya akan meningkatkan pelaksanaan testing dan tracing.

"Omicron sudah masuk Indonesia. Jateng sejak awal sudah siapkan langkah antisipasi termasuk terkait libur Nataru: selain pengetatan testing dan tracing kita juga lakukan tes whole genome sequencing untuk identifikasi virus," demikian kata Ganjar dikutip Opsi dari akun Twitter @ganjarpranowo pada Kamis, 16 Desember 2021.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi seorang petugas kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta tertular Covid-19 varian baru Omicron. Budi juga menyampaikan bahwa pasien N yang terkonfirmasi Omicron tidak memiliki riwayat bepergian keluar negeri.

"Kementerian Kesehatan tadi malam mendeteksi seorang pasien inisial N terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021. Data kita konfirmasi ke Gsaid. Ini sekuensing Omicron," kata Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan konferensi pers perkembangan Covid-19 yang dipantau Opsi, di Jakarta, Kamis, 16 Desember 2021.

Budi melanjutkan, awalnya terdapat tiga pekerja pembersih di Wisma Atlet yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR. Budi menyebutkan, tiga orang tersebut dilaporkan tidak memiliki gejala.

Secara fisik sehat, tidak ada demam dan batuk. Namun, kata Budi, dari tiga sampel yang diperiksa oleh Balitbangkes Kemenkes, satu dari tiga sampel dilaporkan tertular Omicron. 

Kemenkes, kata dia, telah mengambil sampel genom sekuensing N pada 8 Desember 2021 dan dikirim ke Gsaid.

"Pada 10 Desember kami terima hasilnya," katanya.

Budi juga mengatakan ketiga pasien Covid-19 tersebut kini sedang menjalani isolasi mandiri di RSDC Wisma Atlet. Ketiganya juga sudah melakukan tes PCR kedua dengan hasil negatif Covid-19.

"Sudah negatif, sekarang masih menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya