Hiburan Jum'at, 07 Oktober 2022 | 13:10

Garap Film Inang, Fajar Nugros Terinspirasi Ibu Hamil di KRL hingga Tradisi Selametan

Lihat Foto Garap Film Inang, Fajar Nugros Terinspirasi Ibu Hamil di KRL hingga Tradisi Selametan Suasana konferensi pers film Inang. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Sutradara Fajar Nugros mengatakan penggarapan cerita film Inang terinspirasi dari perjuangan kaum perempuan menjalani kehidupan di kota-kota besar yang sama sekali tak ramah terhadap kaum hawa.

Berbicara dalam sesi konferensi pers film Inang, Fajar bilang pengalamannya saat melihat perempuan hamil di KRL Commuter Line sepanjang perjalanan dari kawasan BSD City, Tangerang menuju Jakarta, menjadi titik mula penggarapan cerita.

"Saya suka lihat mbak-mbak atau ibu-ibu yang hamil bersusah payah," kata Fajar Nugros, dikutip Opsi pada Jumat, 7 Oktober 2022.

"Kadang saya berpikir ini lakinya ke mana?. Kok dia kayak kepayahan. Dan berkembang menjadi sebuah cerita," tuturnya.

Pengalaman tersebut, kata Fajar, kemudian digabungkan dengan pengalaman lainnya sewaktu ia masih kecil, yakni tradisi selametan yang masih kental dilakukan oleh orang-orang tua pada masa itu.

"Berangkat dari pengalaman saya yang mengalami berbagai tradisi selametan, saya jadi tertarik untuk mengeksplor tema ini lebih lanjut. Meski sering dilihat hanya sebagai tradisi, saya merasa ini menjadi nilai yang menarik untuk diangkat," tuturnya.

Sutradara Fajar Nugros. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Dalam ceritanya, film Inang menggambarkan perjuangan seorang perempuan melawan kekuatan jahat yang ingin mengambil alih kehidupan bayinya.

Sebagai film horror-thriller dengan segudang unsur thrilling & jump-scare, film Inang menawarkan pelajaran yang berharga seputar perjuangan perempuan, kasih sayang orang tua, dan realita kehidupan yang dibalut unsur mitos jawa yang menjadi inspirasi utama film ini, yaitu Rabu Wekasan atau Rebo Wekasan.

"Pertama, cerita di film ini ikut mengenalkan betapa budaya Indonesia sangat beragam, terutama terkait mitos atau tradisi. Terbukti, masih banyak yang ternyata belum tahu mengenai Rebo Wekasan ini," kata Fajar.

"Kedua, sosok Wulan dalam film ini juga mewakili kerasnya realita hidup seorang perempuan yang saya yakini ada banyak di sekitar kita namun mungkin tidak kita ketahui," tuturnya.

Film Inang dibintangi Naysila Mirdad, Dimas Anggara, Lydia Kandou, Rukman Rosadi, dan Pritt Timothy, Nungki Kusumastuti, Rania Putrisari, Totos Rasiti, Muzakki Ramdhan, David Nurbianto, dan Emil Kusumo.

Baca juga: Film Inang Angkat Teror Mistis yang Menyerang Ibu Hamil

Baca juga: Jadi Perempuan Hamil di Film Inang, Naysila Mirdad Diskusi Bareng Lydia Kandou

Rencananya, film ini bakal tayang perdana di jaringan bioskop Indonesia mulai 13 Oktober 2022 mendatang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya