Daerah Jum'at, 29 September 2023 | 18:09

Gebyar Doorprize Lunas PBB-P2 Siantar 2023, Wali Kota Apresiasi Masyarakat Siantar

Lihat Foto Gebyar Doorprize Lunas PBB-P2 Siantar 2023, Wali Kota Apresiasi Masyarakat Siantar Gebyar Doorprize Lunas Pajak Bumi dan Bangunan-Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kota Siantar Tahun 2023. (Foto: Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani, diwakili Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Junaedi Sitanggang menghadiri Gebyar Doorprize Lunas Pajak Bumi dan Bangunan-Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kota Siantar Tahun 2023.

Kegiatan ini berlangsung di lapangan parkir Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Pematang Siantar, Jalan Merdeka, Jumat, 29 September 2023.

Dalam sambutan tertulis wali kota yang dibacakan Junaedi Sitanggang, PBB-P2 merupakan salah satu jenis pajak yang dipungut di Kota Siantar sejak 1 Januari 2013, yang pengelolaannya dilimpahkan oleh pemerintah pusat ke pemerintah daerah.

Sebagai daerah otonom, lanjutnya, dengan dilaksanakannya pelimpahan pengelolaan tersebut, tentu pemerintah daerah memiliki tanggung jawab dan kewenangan yang mutlak.

Sebagai bentuk upaya untuk melaksanakan tanggung jawab dan kewenangan tersebut, Pemko Siantar selalu berupaya menciptakan terobosan-terobosan serta memperbaiki pelayanan sehingga diharapkan dapat meningkatkan realisasi penerimaan pajak daerah pada sektor PBB-P2.

"Namun tentunya upaya tersebut tidak akan berjalan secara optimal jika tidak didukung oleh peran serta masyarakat Kota Pematang Siantar yang notabene sebagai wajib pajak PBB-P2, yang juga sekaligus penerima manfaat pembangunan di daerah," kata Susanti.

Oleh sebab itu, sambungnya, untuk meningkatkan antusias dan memberikan kegembiraan kepada masyarakat dalam melaksanakan kewajiban, yaitu membayar PBB.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah melaksanakan kewajibannya dengan membayar PBB-P2, dan seluruh pihak yang telah menunjukkan dedikasinya untuk membangun dan memajukan Kota Siantar.

"Tidak lupa juga kepada PT Bank Sumut Cabang Koordinator Pematang Siantar dan PT STTC, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas komitmennya dalam mendukung program dan kegiatan pembangunan Pemko Siantar menuju Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," tutur Susanti.

Kepala BPKPD Kota Siantar, Arri S Sembiring dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bermaksud memotivasi serta mengedukasi masyarakat dalam memenuhi kewajiban PBB-P2.

Dilangsungkannya kegiatan ini, bertujuan agar minat masyarakat semakin terpacu untuk membayar PBB-P2 dengan tepat waktu. Sehingga realisasi penerimaan PBB-P2 dapat tercapai secara optimal.

"Serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat yang telah membayar PBB-P2 sebelum jatuh tempo," ucap Ari.

Ia mengatakan, peserta yang berhak mengikuti undian Gebyar Doorprize Lunas PBB-P2 Siantar Tahun 2023 adalah 100 wajib pajak PBB-P2 yang telah mendapatkan hadiah setelah melakukan pembayaran PBB-P2 Kota Siantar secara tunai ke loket pembayaran pajak daerah pada kantor BPKPD selama September 2023.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa realisasi penerimaan PBB-P2 per tanggal 27 September 2023 sebesar Rp 5.223.856.587, terdapat kenaikan jika dibandingkan dengan realisasi penerimaan PBB-P2 per 27 September 2022 sebesar Rp 5.010.910.220.

Adapun doorprize yang dibagikan yakni 1 unit televisi 43`, 1 unit sepeda, 1 unit kompor gas 2 tungku, 3 unit kompor gas 1 tungku, dan sejumlah hadiah menarik lainnya.

Hadir pada kegiatan ini, para Asisten dan Staf Ahli, sejumlah camat dan lurah, Pimpinan Bank Sumut Cabang Koordinator Pematang Siantar Suhardi Sembiring, serta perwakilan PT STTC.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya