Daerah Kamis, 29 September 2022 | 21:09

Gedung Pasar Kreatif Tuai Pujian dari Mendag

Lihat Foto Gedung Pasar Kreatif Tuai Pujian dari Mendag Pasar Kreatif yang ada ada di komplek Kota Pusaka Lasem Kabupaten Rembang, mendapat pujian dari Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan. (Foto: Opsi/Humas Jateng)
Editor: Yohanes Charles

Rembang – Pasar Kreatif yang ada ada di komplek Kota Pusaka Lasem Kabupaten Rembang, mendapat pujian dari Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi gedung Pasar Kreatif, Rabu 28 September 2022.

Menurutnya, dari segi bentuk dan desain, gedung Pasar Kreatif sangat baik. Bahkan, gedung bersantai IV itu juga mempunyai eskalator dan lift.

“Itu bagus sekali. Baru itu saya lihat bangunan pasar daerah, ada eskalator dan lift, ” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, masyarakat Rembang patut bersyukur, mempunyai Pasar Kreatif di kota Pusaka Lasem.

Disampaikan, pihaknya optimistis, dengan penataan kota pusaka Lasem dan pengembangan UMKM-nya. Sebagai destinasi wisata religi dan ditambah tata kota lama, dirinya yakin, wisatawan semakin banyak.

“Jika wisatawan dan pengunjung banyak yang datang, maka UMKM berkembang, ekonomi tumbuh. Semua berkembang, pasti maju kotanya,” ungkapnya.

Mendag menyampaikan, beberapa hal penting yang harus dilakukan jika ingin pengembangan UMKM sukses, antara lain, peningkatan keterampilan pelaku UMKM, kecakapan penguasaan teknologi, dan akses permodalan.

“Pemerintah meluncurkan pembiayaan permodalan usaha yang tidak memberatkan, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan program pinjaman tanpa agunan, bernama membina ekonomi keluarga sejahtera (Mekaar),” ungkapnya.

Setelah akses permodalan, imbuhnya, hal yang tak kalah penting, yaitu pasar sebagai tempat penjualan produk. Pasar di luar negeri sangat membantu untuk melesatnya UMKM go internasional.

“Kita berharap, UMKM bisa ekspor. Kita siapkan pameran-pameran, agar bisa dilihat oleh buyer luar negeri. Kita ajak UMKM ikut pameran di luar negeri. Nanti akhir bulan, pameran busana muslim di Qatar, kemarin ada New York Fashion Week dan London Fashion Week,” imbuhnya.

Ditambahkan, akan ada Jakarta Fashion Week dan beberapa event internasional lainnya. Pihaknya menyiapkan tempat untuk para pelaku UMKM ikut secara gratis, harapannya ada buyer luar negeri yang tertarik. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya