News Sabtu, 14 Januari 2023 | 18:01

Gelar Kongres Biasa, Jalan PSSI Menemukan Ketum Baru

Lihat Foto Gelar Kongres Biasa, Jalan PSSI Menemukan Ketum Baru Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama Presiden FIFA dan Menpora. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Induk olahraga sepak bola Tanah Air, PSSI menggelar kongres biasa pada Minggu, 15 Januari 2023 di Hotel Sultan, Jakarta.

Ini merupakan langkah awal guna mempersiapkan kongres memilih ketua dan wakil ketua umum PSSI yang baru penerus Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Sejumlah agenda dalam kongres biasa tersebut, diantaranya pengesahan laporan aktivitas dan keuangan tahun 2022, rencana program, serta anggaran 2023 dan penetapan susunan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Nantinya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali hadir dalam kongres, termasuk perwakilan KONI, KOI, delegasi FIFA dan AFC.

Baca juga: Diusulkan Jadi Ketua Umum, Erick Thohir Tegaskan PSSI Harus Dibongkar Total

Sekjen PSSI Yunus Nusi berharap kongres biasa berjalan lancar. Dia menyampaikan apresiasi kepada delegasi dan undangan yang hadir dalam kongres.

Kongres kata dia, akan diikuti 87 delegasi yang mempunyai hak suara. 

"Ada agenda penetapan anggota KP dan KBP. Nantinya KP dan KBP terpilih akan bekerja untuk memproses menuju kongres pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif pada 16 Februari 2023," katanya.

Diketahui, para delegasi yang mempunyai hak suara sudah melakukan proses registrasi sejak Sabtu, 14 Januari 2023.

Sementara itu, menjelang kongres PSSI untuk pemilihan ketum, bursa calon sudah mencuat ke publik. Salah satunya adalah La Nyalla Mattalitti yang juga Ketua DPD RI saat ini.

La Nyalla merupakan Ketua Umum PSSI periode 2015-2016. 

Ada pula nama Erick Thohir, Menteri BUMN saat ini dan Ratu Tisha yang merupakan Sekjen PSSI di era Ketum Edy Rahmayadi periode 2019-2019. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya