Daerah Selasa, 01 Maret 2022 | 19:03

Gempa 5.3 M di Aceh, BMKG: Getaran Seakan Seperti Truk Berlalu

Lihat Foto Gempa 5.3 M di Aceh, BMKG: Getaran Seakan Seperti Truk Berlalu Gempa Meulaboh di Aceh Selasa, 1 Maret 2022. (foto: BMKG).

Medan - Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, gempa bumi berkekuatan 5.3 magnitudo (M) di Pantai Barat Daya, Kota Meulaboh, Aceh pada Selasa, 1 Maret 2022 sekitar pukul 18.04 WIB terasa seperti truk berlalu.

"Gempa bumi itu dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu," kata Prayitno dalam keterangan tertulis diterima reporter Opsi, Selasa, 1 Maret 2022.

Dia menjelaskan, gempa bumi terletak pada koordinat 3,97° LU, 95,96° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 31 Km arah Barat Daya Kota Meulaboh, Aceh dengan kedalaman 70 Km.

Baca juga: Gempa Bumi 5.3 Magnitudo Guncang Meulaboh, Aceh

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik,” katanya

Dari hasil pemodelan, menurutnya, menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga kini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya