News Selasa, 14 Desember 2021 | 18:12

Gempa dan Peringatan Tsunami Larantuka NTT, DPR Minta BNPB Siaga

Lihat Foto Gempa dan Peringatan Tsunami Larantuka NTT, DPR Minta BNPB Siaga Anggota Komisi V DPR RI, Novita Wijayanti.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Gempa Larantuka Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) berlangsung dengan kekuatan magnitudo 7,4 skala richter, Selasa, 14 Desember 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga telah mengeluarkan peringatan waspada sampai siaga tsunami kepada sejumlah daerah yang berpotensi, mulai dari Sulawesi Selatan sampai Manado.

BMKG pun mendeteksi telah terjadi tsunami kecil pada 0,07 meter di Marapokot.

Merespons itu, anggota Komisi V DPR RI, Novita Wijayanti meminta BMKG dan BNPB untuk terus memantau keadaan terkini di Larantuka.

Terutama kepada BNPB, Novita minta segera berikan dukungan terbaik untuk masyarakat terdampak.

"Turut berduka cita dan prihatin atas bencana gempa di Larantuka. Peringatan Tsunami-pun sudah dicabut. Semoga tidak ada korban jiwa dari bencana ini. Kepada BNPB, ini kerja keras akhir tahun dan tetap berikan yang terbaik untuk masyarakat. Tetap pantau seluruh wilayah terdampak," kata Novita dalam keterangannya, Selasa, 14 Desember 2021.

Selain itu, dia mengimbau agar BNPB berkoordinasi dengan BPBD untuk menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan masyarakat yang terdampak gempa Larantuka.

"BNPB dan BPBD harus koordinasi untuk menyiapkan fasilitas untuk kebutuhan warga terdampak. Termasuk memperhatikan himbauan dari BMKG, mengingat masih ada potensi gempa susulan," ucap Novita.

Gempa bumi dengan magnitudo 7,5 mengguncang Larantuka Kabupaten Flores Timur Pulau Flores NTT pada Senin 14 Desember 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan titik gempa di koordinat 7.59 Lintang Selatan (LS),122.26 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada di laut 112 kilometer Barat Laut Larantuka dan di kedalaman 12 kilometer di bawah permukaan laut.

BMKG menyebutkan gempa tersebut potensi tsunami untuk wilayah Maluku, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

"Peringatan Dini #Tsunami untuk wilayah: MALUKU, NTB, NTT, SULSEL, SULTRA, #Gempa Magnitudo: 7.5, 14-Des-21 10:20:22 WIB, Lokasi: 7.59 LS, 122.26 BT (112 km BaratLaut LARANTUKA-NTT), Kedalaman: 12 Km," demikian dikutip dari akun Twitter BMKG, Senin 14 Desember 2021.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya