Daerah Kamis, 10 Maret 2022 | 16:03

Gempa Magnitudo 3,2 Guncang Mamasa Sulawesi Barat

Lihat Foto Gempa Magnitudo 3,2 Guncang Mamasa Sulawesi Barat Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Opsi/Ilustrasi)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamasa - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3.2 guncang Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar).

"Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 15.42 Wita," kata Plt Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet, Kamis, 10 Maret 2022.

Ia mengungkapkan, episenter gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 2.96 LS dan 119.34 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak lima kilometer Tenggara Mamasa, kedalaman dua kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, menunjukkan bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat episenter," katanya.

Irwan Slamet juga mengungkapkan, guncangan gempa tersebut dirasakan di Mamasa II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Irwan Slamet.

Hingga pukul 16.30 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Masyarakat diimbau tetap tenang, menghindari bangunan yang retak akibat gempa bumi dan memeriksa bangunan rumah masing-masing sebelum kembali ke dalam rumah," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya