News Kamis, 25 Mei 2023 | 12:05

Gempa Magnitudo 4.6 Guncang Pasangkayu, Sulbar

Lihat Foto Gempa Magnitudo 4.6 Guncang Pasangkayu, Sulbar Gempa bumi Magnitudo 4,6 guncang Kabupaten Pasangkayu, sulbar. (Foto: Opsi/BMKG)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Pasangkayu - Gempa bumi berkekuatan 4.6 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis, 25 Mei 2023.

Hal tersebut disampaikan Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet, dalam rilisnya.

Irwan Slamet mengungkapkan, gempa bumi terjadi sekira pukul 12.32 Wita siang.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.41 LS dan 119.35 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 26 km Barat Daya Pasangkayu, Sulbar, pada kedalaman 10 kilometer," kata Irwan Slamet.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, kata Dia, menunjukkan gempa bumi tersebut termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif yang berada di wilayah Pasangkayu.

"Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi dirasakan di Kecamatan Baras dengan intensitas II - III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," katanya.

Irwan Slamet juga mengungkapkan, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 13:20 Wita, hasil monitoring BMKG mencatat satu gempa bumi susulan dirasakan dengan kekuatan 3.6 magnitudo," ungkap Irwan.

Dia pun mengimbau, masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa bumi. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," tutupnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya