News Rabu, 13 April 2022 | 01:04

Gibran Ngaku Siap Ikut Demonstrasi Tolak Jokowi Tiga Periode

Lihat Foto Gibran Ngaku Siap Ikut Demonstrasi Tolak Jokowi Tiga Periode Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (foto: Instagram).

Jakarta - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menentang wacana perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode ataupun penundaan Pemilu 2024.

Dia mengaku bersedia ikut demonstrasi turun ke jalan menolak apabila ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi), kembali menjabat untuk ketiga kalinya sebagai Presiden RI.

"Nek ono demo aku kandanono. Tak melu menolak (kalau ada demonstrasi tolong saya dikabari) Saya mau ikut menolak tiga periode," kata Gibran di Pasar Legi, Selasa, 12 April 2022.

Menurutnya, pemerintah pusat juga tengah mempersiapkan pelaksanaan Pemilu 2024. Sesuai jadwal yang disepakati DPR, pemerintah dan KPU, pemungutan suara akan digelar pada 14 Februari 2024.

Baca jugaBahas Persiapan Pemilu, Jokowi: Pemilu 14 Februari 2024

"Sudah jelas tidak ada penundaan," kata Gibran.

Saat ditanya, apakah akan mengikuti aksi demonstrasi perihal Wadas di Solo pada Selasa, Gibran tidak menjawab dengan tegas. Ia justru menanyakan kenapa permasalahan di Wadas disuarakan lewat demonstrasi yang digelar di Solo.

"Kalau demo soal Wadas kenapa demo di Solo," tanyanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bersama jajarannya membahas persiapan pemilihan umum dan juga pilkada serentak yang akan dilaksanakan tahun 2024.

Baca jugaDebat Lawan Mahasiswa, Luhut Binsar Pandjaitan Ogah Buka Big Data

Jokowi meminta agar disampaikan kepada masyarakat bahwa seluruh tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak itu sudah ditetapkan.

"Saya kira sudah jelas, semuanya sudah tahu bahwa pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Ini perlu dijelaskan," kata Jokowi, di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu, 10 April 2022.

Dia meminta jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi, yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan pemilu atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan presiden dan juga yang berkaitan dengan soal tiga periode.

"Karena jelas, bahwa kita telah sepakat pemilu dilaksanakan tanggal 14 Februari dan pilkada dilaksanakan nanti di November 2024, sudah jelas semuanya," tegas Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya