News Senin, 23 Januari 2023 | 14:01

Gibran Siap Maju di Pilkada 2024, PKS Respons dengan Terbahak, PKB Ajak Mampir

Lihat Foto Gibran Siap Maju di Pilkada 2024, PKS Respons dengan Terbahak, PKB Ajak Mampir Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (Foto: istimewa).
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Alhabsy terbahak saat ditanyai kemungkinan partainya mengusung Gibran Rakabuming untuk maju sebagai calon gubernur (Cagub) di di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ia mengatakan PKS memiliki pembicaraan internal terlebih dahulu untuk mengusung jagoan mereka di Pilkada mendatang.

"PKS pasti ada pembicaraannya dan ada pencalonan sendiri," ucap Aboe sambil terbahak di kantor pusat PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat 20 Januari 2023 lalu.

Ia mengaku tak mempermasalahkan kesiapan Wali Kota Solo itu untuk maju di Pilkada 2024. Semua berhak maju, tinggal rakyat yang menentukan layak atau tidak.

"Setiap orang berhak menyatakan dirinya siap maju, soal nanti rakyat sendiri yang menyatakan layak atau tidak," katanya.

Di sisi lain, Ketua DPP PKB Daniel Johan menyatakan terbuka mendukung siapa pun di Pilkada 2024, termasuk Gibran.

Ia bahkan menyarankan Gibran untuk mampir ke DPP PKB di Jakarta jika sudah siap maju sebagai Cagub.

Kendati demikian, Daniel mengaku PKB belum terlalu membahas Pilkada 2024, sebab pemilihan legislatif (Pileg) sudah di depan mata.

"Tetapi tentu PKB sangat terbuka dengan siapa pun, termasuk dengan Mas Gibran," kata Daniel di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat 20 Januari.

"Ya kalau memang, karena kita PKB terbuka ya, mungkin nanti Mas Gibran harus mampir-mampir ke PKB," kata Daniel.

Daniel juga tidak mau berspekulasi bahwa Gibran lebih cocok mencalonkan diri di Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah. Ia lebih menyarankan Gibran untuk fokus mengelola kota Solo terlebih dahulu.

"Tinggal bagaimana berkomunikasi dengan partai-partai untuk melakukan pengusungan. Tapi yang paling penting mas Gibran harus menunjukkan kali kota yang berhasil di kota Solo," kata dia.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai Cagub jika ditugaskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Ya saya sih siap, tapi nunggu Bu Ketua Umum dulu ya. Sekali lagi saya ini masih belajar, masih perlu banyak masukan-masukan beliau-beliau senior," kata Gibran. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya